TangerangNews.com

Kapolresta Tangerang Siap Tempatkan Personel di Tiap Lokasi Rawan Bencana

Tim TangerangNews.com | Kamis, 27 Januari 2022 | 21:32 | Dibaca : 222


Kapolresta Tangerang Kombes Zain Dwi Nugroho. (@TangerangNews / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com-Kapolresta Tangerang Kombes Zain Dwi Nugroho siap menempatkan anggotanya untuk kesiapsiagaan bencana pada setiap wilayah yang rawan terjadinya bencana.

Kesiapan tersebut disampaikan Zain saat memimpin Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana di daerah hukum Polresta Tangerang  yang digelar di Gedung Presisi, Polresta Tangerang, Kamis 27 Januari  2022.

 “Kita sedang menghadapi bencana yakni pandemi Covid-19. Itu ancaman, selain itu bencana alam yang sering terjadi di wilayah kita adalah banjir, angin puting beliung, dan belum lama ini kita terkena gempa,” kata Zain.

Oleh karena itu, kata Zain, sangat diperlukan koordinasi yang baik lintas instansi terkait. Ia meyakini, setiap instansi memiliki kemampuan untuk penanggulangan bencana. 

Namun apabila koordinasi ada yang kurang, maka semua itu tidak akan bekerja. “Kita harus bersinergi antara TNI-Polri, BPBD, Damkar dan instansi atau dinas lainnya,” ujarnya.

#GOOGLE_ADS#

Zain menyatakan, dengan terbentuknya tim dari berbagai instansi, maka dapat mempermudah untuk penanggulangan bencana. Dengan demikian, pada setiap wilayah yang rawan terjadinya bencana, bisa ditempatkan anggota untuk kesiapsiagaan bencana. “Jika perlu kita akan apelkan pada tiap-tiap titik rawan bencana,” tutur Zain.

Ia juga mengatakan, akan melakukan pengecekan alat-alat untuk penanggulangan bencana, sehingga jika ada kekurangan bisa langsung dilengkapi. Kemudian, bagi personel yang terlibat dalam penanggulangan bencana akan diberikan pelatihan.

Zain melanjutkan, di daerah hukum Polresta Tangerang, ada empat sungai yang harus diwaspadai pada saat musim hujan seperti ini, yakni Sungai Cidurian, Sungai Cimanceuri, Sungai Cirarab, dan Sungai Cisadane.

“Jika terjadi penyumbatan pada aliran sungai tersebut dapat menimbulkan luapan air sehingga akan memicu terjadinya banjir,” terang Zain.