TangerangNews.com

Diresmikan Dubes Prancis, IFI Serpong Hadir di Universitas Pradita Tangerang

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 28 Januari 2022 | 23:57 | Dibaca : 612


Prosesi gunting pita IFI Serpong yang dilakukan oleh Ketua Yayasan Pendidikan Pradita Indonesia Herman Nagaria dan Duta Besar Prancis untuk Indonesia Olivier Chambar. (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)


TANGERANGNEWS.com-Untuk menjawab kebutuhan masyarakat Tangerang dan sekitarnya yang berminat mengenal bahasa dan kebudayaan Prancis, IFI Serpong kini hadir di Universitas Pradita, Scientia Business Park, Jalan Gading Serpong Boulevard, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

Kehadiran IFI Serpong merupakan bentuk kerja sama antara Universitas Pradita dengan Institut Francais d’Indonesie (IFI), yang merupakan bagian kerja sama pendidikan dan kebudayaan di bawah Kedutaan Besar Prancis di Indonesia.

Kerja sama ini sebagai upaya dalam mewujudkan visi dari Universitas Pradita yang berwawasan global dan meningkatkan kerja sama internasional. 

IFI Serpong diresmikan di Auditorium Universitas Pradita, Jumat 28 Januari 2022, secara langsung oleh Duta Besar Prancis untuk Indonesia Olivier Chambar.

Selan itu juga ada Direktur IFI Stephane Dovert, Presiden Direktur PT Summarecon Agung Tbk Adrianto P Adhi, Direktur PT Summarecon Agung Tbk Soegianto Nagaria, Ketua Yayasan Pendidikan Pradita Indonesia Herman Nagaria dan Rektor Universitas Pradita Richardus Eko Indrajit.

“Kerja sama dengan Universitas Pradita ini menjadi awal mula yang baik dalam memperkuat kerja sama bilateral antara Indonesia dan Prancis di bidang pendidikan, melalui adanya IFI Serpong,” jelas Olivier Chambard, Duta Besar Prancis untuk Indonesia.

#GOOGLE_ADS#

Institut Francais d’Indonesie sebagai mitra langsung Universitas Pradita dalam melaksanakan IFI Serpong juga menekankan bahwa kerja sama seperti ini baru pertama kali dilakukan.

Universitas Pradita merupakan satu-satunya universitas di Indonesia yang menyelenggarakan kerja sama secara holistik seluruh ranah IFI yakni pendidikan, universitas, sains dan teknologi, kebudayaan dan yang terakhir adalah bahasa yang terimplementasikan dalam IFI Serpong ini.

“Harapan saya, kerja sama ini dapat berjalan lancar, dan bahkan berkembang ke arah yang lebih luas lagi,” jelas Stephane Dovert, Direktur IFI.

Ketua Yayasan Pendidikan Pradita Indonesia Herman Nagaria mengatakan IFI yang merupakan lembaga di bawah pemerintah Prancis yang dipercaya dapat menambah value tersendiri bagi Universitas Pradita. Tentunya diharapkan dapat menarik minat masyarakat luas di bagian barat Jakarta dan Tangerang.

“Kami ingin Universitas Pradita memiliki ciri khas dalam kerja sama yang dilakukannya. Nantinya, IFI Serpong akan menjadi tempat saling bertukarnya kebudayaan dua negara, yang tentunya semakin memperkaya fitur-fitur yang terdapat di kampus ini, sehingga Universitas Pradita dapat menjadi magnet bagi masyarakat,” katanya. 

Richardus Eko Indrajit, Rektor Universitas Pradita menambahkan, kerja sama ini juga tak kalah menguntungkannya bagi sivitas akademika Universitas Pradita sendiri. IFI Serpong dipercaya dapat membuka peluang akademik bagi dosen dan mahasiswanya.

#GOOGLE_ADS#

Sejak empat tahun berdiri, Universitas Pradita tidak pernah berhenti mencari dan menjajaki kerja sama dengan banyak pihak.

“Kehadiran IFI Serpong diharapkan dapat menjembatani dan membuka kesempatan bagi sivitas akademika dalam menemukan peluang-peluang untuk studi lanjut, penelitian, joint programs dan kegiatan akademik lainnya dengan universitas-universitas di Prancis,” jelasnya.

Sementara itu, Adrianto P Adhi, Presiden Direktur PT Summarecon Agung Tbk mengatakan, kolaborasi dengan mitra dalam maupun luar negeri memang merupakan nilai yang ditekankan saat Summarecon membentuk Universitas Pradita.

“Kolaborasi antara Universitas Pradita dan IFI ini diharapkan mampu mewujudkan visi yang telah digagas sejak awal, yakni menjadi Enterprise University yang berwawasan global,” ungkapnya.