TangerangNews.com

Vaksinasi Covid-19 Setelah Salat Tarawih Bakal Digencarkan

Tim TangerangNews.com | Senin, 4 April 2022 | 19:13 | Dibaca : 412


Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. (@TangerangNews / Dok Kemenko Marves)


TANGERANGNEWS.com–Di bulan Ramadan ini pemerintah berencana menggencarkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 setelah salat Tarawih di rumah-rumah ibadah dan tempat-tempat publik. 

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam jumpa pers virtual usai rapat terbatas evaluasi PPKM dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin 4 April 2022.

Luhut menyebutkan pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan saat selesai Tarawih di  tempat publik seperti stasiun, bandara, terminal bus, pusat keramaian, dan tempat-tempat pelaksanaan mudik bersama.

“Peningkatan kemudahan masyarakat menjangkau gerai-gerai vaksinasi menjadi langkah penting bagi upaya pemerintah menjaga momentum baik situasi pandemi Covid-19,” kata Luhut.

Menurut Luhut, saat ini situasi pandemi Covid-19 varian Omicron relatif terkendali dengan penurunan kasus harian sebesar 97 persen dibandingkan titik puncak, kasus aktif nasional turun 83 persen dibandingkan puncak yang saat ini berada di bawah 100.000 kasus aktif.

Berdasarkan tingkat rawat inap di rumah sakit juga turun hingga 85 persen serta tingkat okupansi (BOR) hanya 6 persen serta tingkat positivity rate di bawah standar WHO, yakni 4 persen.

#GOOGLE_ADS#

"Sejak diumumkan sebagai salah satu syarat mudik Idulfitri tahun ini, laju vaksinasi harian untuk booster di seluruh Provinsi Jawa Bali mengalami tanda-tanda peningkatan yang cukup tinggi," ujarnya.

Saat ini tingkat vaksinasi dosis penguat atau booster baru mencapai 23,6 juta, sedangkan vaksinasi dosis kedua mencapai 159,9 juta.

Di sisi lain, Luhut mewakili pemerintah mempersilakan masyarakat untuk melaksanakan ibadah selama bulan puasa dengan tetap menjaga protokol kesehatan yang ketat, yakni penggunaan masker, pengecekan suhu, dan memastikan saluran udara yang baik di tempat-tempat ibadah.

"Selain itu, Pemerintah juga membagikan masker dan sabun pencuci tangan kepada masjid-masjid untuk masyarakat yang sedang menjalankan ibadah pada bulan Ramadan," tutur Luhut.