TangerangNews.com

820 WNA Manfaatkan VOA untuk Masuk Bandara Soekarno-Hatta

Achmad Irfan Fauzi | Selasa, 12 April 2022 | 20:37 | Dibaca : 451


Visa Kunjungan Saat Kedatangan (Visa On Arrival/VOA) Khusus Wisata (BVKKW dan VKSKKW). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)


TANGERANGNEWS.com-Ratusan warga negara asing (WNA) memanfaatkan Visa Kunjungan Saat Kedatangan (Visa On Arrival/VOA) Khusus Wisata (BVKKW dan VKSKKW) sejak diberlakukannya fasilitas Keimigrasian berupa Bebas Visa Kunjungan ke Indonesia.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta Muhammad Tito Andrianto mengatakan, pihaknya mencatat sebanyak 820 WNA pengguna VOA masuk ke wilayah Indonesia.

“Banyak warga negara asing yang memanfaatkan fasilitas ini untuk masuk ke Indonesia, jumlahnya terus meningkat” ungkapnya, Selasa 12 April 2022.

Menurutnya, perlintasan WNA yang menggunakan VOA untuk masuk wilayah Indonesia diperkirakan akan terus meningkat, karena hampir dua tahun sejak pandemi Covid-19 melanda fasilitas ini ditutup sementara.

#GOOGLE_ADS#

Lima negara yang menggunakan layanan VOA terbesar untuk masuk ke wilayah Indonesia melalui TPI Bandara Internasional Soekarno-Hatta antara lain, Amerika Serikat (119), India (83), ketiga Perancis (75) disusul Belanda (63) dan Australia (59).

Adapun jumlah WNA pelintas masuk lewat TPI Bandara Soekarno-Hatta pada bulan Maret 2022 adalah sebanyak 10.323, sedangkan pada April (1-11 April 2022) sebanyak 14.311 pelintas.

"Untuk mengantisipasi lonjakan WNA pengguna VOA, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI  Soekarno-Hatta telah menyiagakan enam konter VOA di area Imigrasi Kedatangan Internasional Terminal 3," katanya.