TangerangNews.com

Kebutuhan Uang Tunai untuk Lebaran di Banten Diprediksi Capai Rp2,7 Triliun

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 12 April 2022 | 21:34 | Dibaca : 89


Ilustrasi uang tunai. (@TangerangNews / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com-Kebutuhan uang tunai di Provinsi Banten selama momentum Ramadan dan Lebaran 2022 diprediksi mencapai mencapai Rp2,7 triliun.

Hal itu dikatakan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Banten Imaduddin Sahabat, Selasa 12 April 2022. Menurutnya, kebutuhan tersebut telah disiapkan langsung oleh KPw BI Provinsi Banten jelang Ramadan.

"Tahun ini (2022) selama Ramadan hingga Lebaran, kami prediksi kebutuhan uang tunainya mencapai Rp2,7 triliun, dan kami sudah siapkan," katanya, seperti dilansir dari Kabar Banten.

Selain Rp2,7 triliun yang telah disiapkan, BI Banten juga telah menyediakan dana cadangannya. Pengelolaan uang di Banten merupakan prototype dari seluruh kantor di wilayah Indonesia.

Sebab, kata Imaduddin, di Provinsi Banten saat ini sudah menggunakan digitalisasi dalam melakukan berbagai transaksi, termasuk penukaran uang tunai.

#GOOGLE_ADS#

"Ya untuk yang lainnya sudah, dan karena Banten ini sudah menggunakan digital, dan layanan semakin cepat," ucapnya.

Ke depan, secara aktif pihaknya memiliki jadwal layanan kas penukaran uang tunai di sepuluh titik yang ada di Kota Serang, dan Cilegon. Tak hanya itu pihaknya juga akan memberikan layanan kas di wilayah pesisir yang jauh dari akses perbankan.

"Tentu, Bi juga menerima penukaran berikut juga dengan layanan kas keliling. Karena BI ada tugas untuk melayani penukaran ke wilayah pesisir, seperti Jiput Munjul yang akses perbankannya terbatas," tuturnya.

Dengan situasi pandemi Covid-19, BI Banten juga menyediakan sistem layanan digital melalui aplikasi Pintar. Dengan begitu penukaran tidak lagi antre panjang, dan dapat diambil di Kantor BI Banten.

"Karena kondisi seperti ini memudahkan untuk masyarakat yang ingin melakukan penukaran uang tunai," ujar dia.