TangerangNews.com

Aplikasi Jago Hukum Diluncurkan Atasi Masyarakat Buta Hukum

Achmad Irfan Fauzi | Selasa, 19 April 2022 | 17:40 | Dibaca : 293


Tampilan Aplikasi Jago Hukum Diluncurkan Atasi Masyarakat. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)


TANGERANGNEWS.com-Sejumlah praktisi hukum Indonesia meluncurkan aplikasi layanan bantuan bernama Jago Hukum untuk mengatasi masyarakat yang buta hukum.

CEO Jago Hukum Christian Samosir mengungkapkan, sebanyak 80 persen masyarakat Indonesia masih buta hukum. Lalu, kehadiran Jago Hukum juga berangkat dari kasus ketidakadilan atau kejanggalan dalam pemrosesan hukum di Indonesia.

Selain itu, dia melihat masih banyak warga kesulitan mendapatkan bantuan hukum. Penyebabnya bisa banyak hal, salah satunya faktor ekonomi. Belum lagi ada kecenderungan masyarakat merasa cuek, malu atau segan mengadukan problem hukum yang mereka alami.

“Misalnya kasus ketenagakerjaan, tindak asusila, perkawinan, sampai urusan pinjol (pinjaman online),” kata Christian dalam keterangan tertulis kepada TangerangNews, Selasa 19 April 2022.

Hadirnya aplikasi Jago Hukum, lanjutnya, merupakan solusi bagi masyarakat yang mendambakan layanan konsultasi dengan harga terjangkau. Aplikasi ini bersifat interaktif selama 1x24 jam.

Jago Hukum juga merupakan jawaban bagi praktisi hukum yang belum berkesempatan berkontribusi dalam sebuah wadah yang tepat. 

#GOOGLE_ADS#

Dia menyebut, berdasarkan pernyataan Ketua MPR Bambang Soesatyo, jumlah advokat di Indonesia masih berkisar 50 ribuan yang relatif kecil jika dibandingkan jumlah penduduk Indonesia yang telah mencapai 270 juta jiwa.

“Masyarakat perlu tahu apa saja hak-hak mereka di mata hukum. Kalau saya lihat selama ini masyarakat sepertinya takut. Di benak mereka membayar pengacara menguras kantong. Aplikasi Jago Hukum bisa menjadi solusi bagi mereka yang ingin mendapatkan layanan bantuan hukum, semua lapisan masyarakat tanpa pandang bulu,” jelas Christian.

Selain fitur chat interaktif dan video call, kata dia, aplikasi ber-tagline ‘Hukum untuk Semua’ ini menawarkan jasa pro bono alias gratis bagi masyarkat yang ingin mengetahui hak hukum mereka.

Area yang ditangani sangat lengkap dan beragam mulai dari pidana, perdata, kenotarisan, hingga penerjemah tersumpah. Bahkan, Jago Hukum menggandeng Lembaga Bantuan Hukum Tridarma Indonesia sebagai mitra. 

Ia berharap masyarakat bisa memanfaatkan kehadiran aplikasi secara maksimal tanpa rasa takut, malu karena keuangan terbatas. Jago Hukum bisa diunduh semua ponsel berbasis android dan iOS di Google Play Store. 

“Jago Hukum adalah market place layanan hukum pertama di Indonesia,’’ pungkasnya.