TangerangNews.com

Ingin Mudik? Ini Daftar Terminal, Stasiun KA serta Pelabuhan di Seluruh Banten

Tim TangerangNews.com | Kamis, 21 April 2022 | 20:40 | Dibaca : 173


Suasana Terminal Terpadu Merak di Jalan RE Martadinata Kelurahan Tamansari, Kecamatan Pulau Merak, Kota Cilegon, Banten. (@TangerangNews / Tribunbanten)


TANGERANGNEWS.com–Polda Banten menyampaikan jumlah serta lokasi terminal, stasiun kereta api (KA), dan pelabuhan yang ada di wilayah Banten menjelang masa mudik Lebaran 2022.

“Terdapat 18 terminal, 18 stasiun kereta, dan empat pelabuhan di wilayah hukum Polda Banten,” kata Humas Polsek Balaraja Aipda Mulyasan, Kamis 21 April 2022.

Mulyasan menyampaikan 18 terminal tersebut di antaranya Terminal Merak, Seruni, Kerangot, Nicomas, Kadubanen Pandeglang, Tarogong Labuan, Pasar Anten, Pakupatan, Cipocok, Mandala, Kota Rangkas, Bayah, Malingping, Kronjo, Pasar Kemis, Kutabumi serta Terminal Kunkun.

Sedangkan stasiun kereta api sebanyak 18 terdiri dari 7 stasiun utama dan 11 stasiun kecil. “Untuk stasiun utama berada di Merak Krenceng, Cilegon, Serang, Rangkas, Cikoya, Tigaraksa, dan Stasiun Daru,” terangnya.

  #GOOGLE_ADS#

Adapun untuk stasiun kecil berlokasi di Cigading, Tonjongbaru, Walantaka, Karangantu, Cikeusal, Pasir Manggu, Catang Baru, Jambu, Selibu, Citeras serta Maja.

“Sementara untuk pelabuhan terdapat empat lokasi, yaitu Pelabuhan Merak, Pelabuhan Pelindo, Pelabuhan BBJ, dan Pelabuhan Perikanan Labuan,” ungkap Mulyasan.

Selanjutnya dia menuturkan bagi masyarat yang ingin mudik menggunakan bus, kereta api serta kapal laut dapat beristirahat dan menikmati layanan tenant-tenant yang ada di terminal, stasiun kereta api serta pelabuhan, termasuk layanan vaksinasi booster yang disediakan oleh Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan Polda Banten.

Mulyasan pun mengimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik untuk tetap waspada dan berhati-hati. “Cek kondisi kesehatan dan kendaraan, pastikan dalam kondisi yang prima untuk melakukan perjalanan jarak jauh serta antisipasi titik rawan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas,” ungkapnya.

Ia menambahkan, apabila ada warga yang mendapatkan hambatan saat mudik dapat menghubungi Call Center 110 atau update informasi arus mudik terkini di media sosial Bidhumas Polda Banten.