TangerangNews.com

Suhu Terpanas di Indonesia Terjadi di Ciputat Tangsel Sejak 7 Mei 2022

Tim TangerangNews.com | Kamis, 12 Mei 2022 | 12:30 | Dibaca : 750


Ilustrasi cuaca panas di Indonesia. (@TangerangNews / Freepik)


TANGERANGNEWS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut bahwa dalam sepekan terakhir wilayah Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menjadi daerah yang suhunya paling panas di Jabodetabek dan juga di Indonesia.

BMKG dalam keterangannya mencatat berdasarkan stasiun titik pengamatannya, Ciputat menjadi daerah dengan suhu terpanas sejak Minggu 7 Mei 2022. Hanya pada Selasa 10 Mei 2022, Ciputat ada di urutan ketiga wilayah dengan suhu terpanas di Indonesia dengan suhu antara 35-36 derajat celcius.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Fahry Rajab. "Bisa (Ciputat disebut sebagai daerah dengan suhu terpanas) itu diambil dari data di titik pengamatan," ujar Fahry seperti dilansir dari CNNIndonesia, Kamis 12 Mei 2022.

#GOOGLE_ADS#

Fahry menerangkan mengenai cakupan wilayah yang masuk dalam pengamatan di Stasiun BMKG Ciputat. Menurut dia, hal tersebut tergantung jenis permukaannya. Bila permukaannya datar, suhunya relatif sama dalam radius yang luas.

Belakang ini sejumlah wilayah di Indonesia dilanda suhu panas. Sebelumnya, BMKG mencatat suhunya mencapai 36,1 derajat celcius. Berdasarkan pantauan BMKG, sejumlah wilayah di Indonesia punya suhu panas beragam setiap harinya.

Suhu maksimum terukur selama periode tanggal 1-7 Mei 2022 berkisar antara 33-36,1 derajat celcius. Suhu maksimum tertinggi hingga 36,1 derajat celcius terjadi di wilayah Tangerang-Banten dan Kalimarau-Kalimantan Utara.