TangerangNews.com

BMKG Jelaskan Sering Hujan Deras di Tangerang Raya Akhir-akhir Ini

Tim TangerangNews.com | Jumat, 20 Mei 2022 | 16:28 | Dibaca : 315


Dua RW di Perumahan Dasana Indah, Bojong Nangka (Bonang), Kelapa Dua, Tangerang terdampak banjir akibat hujan deras, Rabu 18 Mei 2022. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)


TANGERANGNEWS.com-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan keerangan mengenai fenomena cuaca di wilayah Tangerang Raya yang belakang ini kerap diguyur hujan deras hingga mengakibatkan banjir.

Seperti pada dua hari terakhir ini, yaitu pada Rabu siang menjelang sore, 18 Mei 2022 dan pada Kamis 19 Mei, hujan deras kembali terjadi di daerah Tangerang dan menimbulkan banjir di sejumah titik.

Dari data analisa BMKG, seperti dilansir dari Tempo, Jumat 20 Mei 2022, terhadap kejadian banjir di wilayah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan pada Rabu lalu, data curah hujan pada rentang Pukul 13.00 – 16.00 WIB telah terjadi akumulasi 13,4 – 19,6 mm. Intensitas hujan sebesar itu untuk periode tiga jam tergolong sedang hingga lebat.

Berdasarkan data dari Citra Satelit Himawari-8 menunjukkan adanya pertumbuhan awan konvektif pada pukul 15.30 WIB dengan suhu puncak awan -75 hingga -100 derajat Celsius di sekitar wilayah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan. Awan ini adalah bagian dari pergerakan ke arah Barat pada pukul 09.20 -16.20 WIB.

Menurut BMKG, kondisi tersebut terjadi di antaranya akibat adanya pertumbuhan awan konvektif yang dipicu oleh adanya daerah konvergensi dan belokan massa udara. Didukung pula oleh kondisi udara yang lembap hingga lapisan atas, serta indeks labilitas udara yang cenderung labil.

#GOOGLE_ADS#

Berdasarkan Citra Radar Cuaca menunjukkan hujan yang terjadi berintensitas ringan hingga sedang sejak pukul 14.00 WIB. Hujan mulai menurun intensitasnya pada pukul 17.00 WIB. Pengamatan Tempo.co, hujan yang turun di Tangerang Selatan sangat lebat sekitar Pukul 14-15 WIB. Ini sesuai data beberapa wilayah di Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan tergenang banjir dan pohon tumbang.

“Potensi cuaca yang sama masih perlu diwaspadai tiga hari ke depan.Untuk Jumat (20 Mei 2022) diprakirakan masih sama, siang menjelang malam potensi puncak hujannya,” kata Prakirawan BMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Ilham.

Disebutkan, prakiraan berbasis dampak hujan lebat di wilayah Banten termasuk kategori waspada dengan lokasi Kota Tangerang, Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, Cilegon, dan Serang. Menurut dia, peluang terjadinya puting beliung dan hujan es cukup besar.