TangerangNews.com

Ratusan Peserta akan Bersaing Ikut 7 Lomba MTQ Kota Tangerang ke-21

Achmad Irfan Fauzi | Minggu, 22 Mei 2022 | 14:00 | Dibaca : 448


Peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-21 tingkat Kota Tangerang. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)


TANGERANGNEWS.com-Ratusan peserta akan bersaing dalam pegelaran sejumlah perlombaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-21 tingkat Kota Tangerang.

MTQ Kota Tangerang ke-21 yang digelar Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Tangerang akan dibuka pada Senin 23 Mei 2022 besok.

MTQ dengan mengusung tema "Bersama Al Qur'an Kita Bangun Masyarakat Kota Tangerang yang Sejahtera, Berdaya Saing dan Berakhlakul Kharimah" tersebut akan berlangsung di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang.

"MTQ Kota Tangerang akan diikuti 642 peserta dari 13 kecamatan. Seluruhnya akan bersaing di tujuh mata lomba yang akan digelar selama tiga hari hingga Rabu besok," ujar Ketua LPTQ Kota Tangerang, KH Zuhri Fauzi, Minggu 22 Mei 2022.

Zuhri mengungkapkan, akan ada tujuh mata lomba yang akan digelar, di antaranya lomba Tilawah mulai dari murotal anak, remaja, dewasa hingga qiraah sabaah mujawwad.

Lomba tahfiz mulai dari 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz hingga 30 juz. Lomba kaligrafi kategori dekorasi dan hiasan mushaf, lomba qiraat kutub kategori ula, wushta dan ulya. Serta adanya lomba syahril qur’an dan fahmil qur’an.

"Semoga ini menjadi momentum kembalinya semangat Kota Tangerang untuk mencetak generasi Qur’an yang berprestasi, setelah digerus pandemi Covid-19 selama dua tahun,” ungkapnya.

Zuhri menambahkan, untuk meningkatkan kualitas pagelaran MTQ Kota Tangerang tahun ini, LPTQ turut menghadirkan juri tingkat provinsi dan nasional sekitar 15 persen.

"Harapannya, ini dapat berdampak positif bagi penilaian, terutama untuk menjaga objektivitas yang lebih maksimal. Dipastikan, para juri merupakan para pakar atau ahli yang memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing,” pungkas Zuhri.

#GOOGLE_ADS#

Berikut Venue Masing-Masing Mata Lomba MTQ Kota Tangerang ke-21:

1. Tilawah dewasa dan Qiro'at Mujawwad - Arena utama Plaza Puspem

2. Tilawah anak-anak dan remaja - Gedung MUI

3. Qiroatul Kutub Ula dan Wustho - Masjid Raya Al Azhom

4. Qiroatul Kutub Ulya dan Hifdzil Hadist 100 Bersanad - Masjid Raya Al Azhom

5. Kaligrafi Qur'an - Selasar Plaza Puspem

6. Qiro'at Murottal Remaja dan Dewasa - Ruang City Gallery

7. Syahril Qur'an - Ruang Akhlakuk Karimah

8. Fahmil Qur'an - Ruang Al Amanah

9. Hofdzil Qur'an 20 Juz dan 30 Juz - Aula Dinas Pendidikan

10. Hifdzil Qur'an 1 Juz dan 5 Juz dan Tilawah - Ruang Rapat Asda 3

11. Tartil dan Hifdzil Qur'an 10 Juz - Ruang Ar Raudhoh