TangerangNews.com

Pokdarwis Dibentuk Gali Potensi Pariwisata di Tangsel

Rahmat Hidayat | Senin, 30 Mei 2022 | 15:55 | Dibaca : 473


Dinas Pariwisata Kota Tangerang Selatan (Tangsel) membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). (@TangerangNews / Rahmat Hidayat)


TANGERANGNEWS.com-Dinas Pariwisata Kota Tangerang Selatan (Tangsel) membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat, guna menggali potensi pariwisata di daerah mereka masing-masing.

Kapala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Kota Tangsel Wisata Heru Purwanto mengatakan dibentuknya Pokdarwis ini untuk membantu pemerintah dalam mencari potensi dan mengelola pariwisata Tangsel.

Sebelum dibentuk, harus ada kesadaran masyarakat terlebih dahulu terhadap potensi pariwisata yang bisa dikelola. Selanjutnya, pemerintah atau instansi terkait akan membantu pengembangannya.

#GOOGLE_ADS#

''Kalau sudah terbentuk kelompok ini, bukan hanya dibentuk sebuah lembaga lalu mendapatkan bantuan, tidak. Tapi kita minta mereka cari, apa sih potensi yang ada. Mereka bangun sendiri dulu dari bawah. Nanti pemerintah akan melihat,'' ujarnya saat pengukuhan Pokdarwis di aula Restoran Sae Pisan BSD, Kota Tangsel, Senin 30 Mei 2022.

Menurutnya, salah satu faktor yang menjadi hambatan masyarakat dalam mengembangkan atau mengelola potensi pariwisata yang ada yaitu tingkat pemahaman masyarakatnya.

''Karena mereka tidak paham jadi mereka bingung. Nah di sini lah kita akan membantu memfasilitasi, jadi Pokdarwis ini apa tugasnya, apa langkahnya membentuk Pokdarwis, akan kita pandu dari awal,'' ucap Heru.

Heru menambahkan, saat ini pemerintah lebih kepada memfasilitasi dalam bentuk pembinaan, karena tidak bisa serta merta memberikan bantuan.