TangerangNews.com

Bupati Tangerang Ajak Wartawan Tingkatkan Profesionalisme

Achmad Irfan Fauzi | Sabtu, 13 Agustus 2022 | 21:16 | Dibaca : 164


Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat menghadiri acara Babacakan Ngariung Bupati Tangerang Bareng Jurnalis yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang, Sabtu, 13 Agustus 2022. (@TangerangNews.com / Achmad Irfan Fauzi)


TANGERANGNEWS.com-Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengajak wartawan terus meningkatkan profesionalisme dalam menjalankan tugas sebagai insan pers.

 

Zaki mengatakan hal itu saat menghadiri acara Babacakan Ngariung Bupati Tangerang Bareng Jurnalis yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang, Sabtu, 13 Agustus 2022.

 

"Peran wartawan sangat penting dalam pembangunan di Kabupaten Tangerang, sehingga dengan tantangan kemajuan saat ini, wartawan pun harus meningkatkan kapasitas serta profesionalisme," ujar Zaki.

 

Salah satu upaya meningkatkan profesionalisme tersebut, lanjut Zaki, yaitu dengan Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Zaki mendorong semua wartawan di Kabupaten Tangerang mengikuti UKW sesuai kebijakan Dewan Pers.

 

"Karena wartawan yang profesional tentu menghasilkan karya jurnalistik yang baik," katanya.

 

Zaki juga menyatakan, Pemkab Tangerang sangat membutuhkan peran wartawan sebagai mitra. Tanpa kehadiran wartawan, kata dia, tak banyak informasi yang bisa diketahui oleh masyarakat.

 

"Kami juga mendukung proses keterbukaan informasi, tetapi ada aturan serta prosedur yang sesuai amanat regulasi. Jadi tak semua hal harus dibuka, karena ada informasi yang dikecualikan," terangnya.

 

Ketua PWI Kabupaten Tangerang Sangki Wahyudin menyatakan terimakasih atas dukungan serta kerjasama Pemerintah Kabupaten Tangerang kepada insan pers, terutama dalam kemudahan memperoleh informasi.

 

"Dukungan dan kerjasama dari Pemkab Tangerang, terutama Bapak Bupati kepada PWI Kabupaten Tangerang sangat luar biasa sekali. Saat ini, hampir 75 persen, anggota kami sudah mengikuti UKW, tentunya hal ini tak terlepas dari semangat kami untuk meningkatkan profesionalisme wartawan yang tergabung dalam PWI Kabupaten Tangerang," ujar Sangki.

 

Sangki juga mengapresiasi Pemkab Tangerang yang telah memperoleh predikat baik dalam hal keterbukaan informasi publik dari Komisi Informasi Publik Banten. "Semoga sinergi antara Pemkab Tangerang dan PWI Kabupaten Tangerang ini terus ditingkatkan," pungkasnya.

 

Pada kesempatan tersebut, Bupati Zaki juga menyerahkan hadiah kepada pemenang Lomba Catur Antar Wartawan yang diselenggarakan SIWO PWI Kabupaten Tangerang.

 

Berikut pemenang Lomba Catur Antar Wartawan Tangerang :

1. Juara 1, Asep dari media Cybernews

2. Juara 2, Sangki Wahyudin dari media Tangerang Ekspres

3. Juara 3, Maman Sulaeman dari media Liputan 86

4. Juara 4, Malik Abdul Aziz, dari media Jurnalistika