TangerangNews.com

Elite Golkar dan PSI Bertemu, Airlangga Sebut Sedang Pendekatan

Achmad Irfan Fauzi | Selasa, 23 Agustus 2022 | 22:50 | Dibaca : 498


Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyambut silaturahmi elite Partai Solidaritas Indonesia di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Selasa, 23 Agustus 2022. (Achmad Irfan Fauzi / @TangerangNews.com)


TANGERANGNEWS,com-Elite Partai Golkar dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) melakukan pertemuan di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, 23 Agustus 2022. Pertemuan ini disebut bahwa petinggi kedua partai sedang pendekatan terkait perpolitikan. 

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto yang menyambut langsung silaturahmi elite PSI tersebut mengaku, pertemuan Golkar dan PSI ini baru tahap awal untuk penjajakan.

Ia menegaskan, kedua partai masih sama-sama pendekatan. Belum ada kesepakatan PSI bergabung bersama Golkar, PAN, dan PPP di dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) untuk pemilu 2024. 

"Ini kalau menurut istilahnya PSI baru pdkt (pendekatan). Kalau datang kan berarti tertarik, apalagi tadi sudah meluncurkan panah asmara," tutur Airlangga usai menemui jajaran elite PSI.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini menambahkan, pertemuan kedua partai juga membuka sejumlah persamaan. Menurutnya, baik Golkar maupun PSI, sama-sama bertekad untuk menjauhi politik identitas di Pemilu 2024.

"Pertemuan awal dari kedua partai dalam mengantisipasi menuju pemilu 2024 dan untuk itu beberapa catatan yang kesamaan antara Partai Golkar dan PSI. Baik itu menjauhi politik identitas," ujar Airlangga.

Partai Golkar dan PSI, kata Airlangga, juga memiliki persamaan untuk melanjutkan program yang sudah dimulai Presiden Joko Widodo. Tujuannya, untuk menghadirkan Indonesia yang maju dan sejahtera.

"Dan ketiga tentu, KIB kan platformnya inklusif dan kemarin kami sudah melontarkan visi dan misi. Visi dan misinya ke depan untuk membawa Indonesia maju dan sejahtera," ujar Airlangga.

Ketua Umum PSI Giring Ganesha Djumaryo mengaku sebagai partai politik baru banyak belajar dari partai berlambang pohon beringin itu. Secara khusus, PSI memuji kinerja Ketum Golkar yang juga Menko Perekonomian di jajaran Kabinet Indonesia Maju Presiden Jokowi.

"Di dalam penuh canda tawa, bisa dibilang kami yang junior-junior ini banyak mendapatkan perluasan wawasan. Terutama sangat mengapresiasi Mas Airlangga sebagai Menko Perekonomian," ujar Giring.

Menurut Giring, PSI dan Golkar memiliki banyak persamaan untuk menyongsong kontestasi nasional. Khususnya, soal komitmen kedua partai untuk menghindari politik identitas.

#GOOGLE_ADS#

"Kita akan menghindari politisasi agama dan juga yang kedua, kesamaan yang paling penting dari Partai Golkar dan Partai Solidaritas Indonesia adalah kita akan melanjutkan perjuangan dari Bapak Presiden kita Bapak Joko Widodo," ujar Giring.

Giring menegaskan, pertemuan PSI dengan Golkar bukan yang terakhir.  Menurutnya, masih akan ada pertemuan lanjutan untuk menyamakan visi, misi, dan pandangan untuk menyongsong Indonesia yang makmur dan sejahtera.

"Kita sekarang masih PDKT yah, tadi sudah dilihat banyak kesamaan, tapi yang paling penting kesamaan," ujar mantan vokalis Grup Band Nidji itu.