TangerangNews.com

Gaet RS Cedars Sinai Amerika, Eka Hospital Group Tingkatkan Kemampuan Kegawatdaruratan

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 24 Agustus 2022 | 21:48 | Dibaca : 365


Penandatanganan MoU Eka Hospital Group dengan Cedars Sinai Hospital, Los Angeles, Amerika Serikat di The Westin Hotel, Jakarta, Rabu 24 Agustus 2022. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)


TANGERANGNEWS.com-Eka Hospital Group berupaya meningkatkan kemampuan tenaga kesehatannya terkait penanganan kegawatdaruratan lewat kerja sama dengan Cedars Sinai Hospital, Los Angeles, Amerika Serikat.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) Chief Operation Officer (COO) Eka Hospital Group drg. Rina Setiawati bersama selaku Vice President and Medical Director International Cedars Sinai Hospital Dr. Heitham Hassoun di The Westin Hotel, Jakarta, Rabu 24 Agustus 2022.

Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia dr. Dante Saksono Harbuwono pun mengapresiasi kerja sama ini. Menurutnya, salah satu tugas yang diamanahkan oleh Presiden RI kepada Kemenkes adalah melakukan transformasi sistem kesehatan nasional, salah satu programnya berupa kerja sama dengan rumah sakit terbaik dunia.

"Saya berharap dengan kerja sama ini bisa mendorong pelayanan rumah sakit Indonesia, baik rumah sakit swasta maupun pemerintah, agar bisa setara dengan rumah sakit luar negeri. Tidak hanya untuk melayani pasien dalam negeri, tetapi juga menarik pasien luar negeri," ujar Dante melalui virtual.

drg. Rina Setiawati menjelaskan, periode kerja sama antara Eka Hospital dan Cedars Sinai Hospital, kata dia, berlangsung selama tiga tahun.

Kegiatan ini merupakan langkah awal terjalinnya kerja sama antara kedua institusi dalam bidang quality improvement dengan berbagai aspek pelayanan di rumah sakit, terutama pada Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan penanganan pasien dalam kondisi gawat dan darurat.

"Eka Hospital ingin memberikan yang terbaik bagi Indonesia terutama dalam bidang kesehatan. Dalam kerja sama ini nantinya akan ada transfer pengetahuan dan pengalaman dari Cedars Sinai Hospital, ujar Rina. 

Menjelaskan, kerja sama ini berangkat dari kondisi IGD Eka Hospital yang kerap overcrowded, terutama saat melonjaknya penyebaran Covid-19 beberapa waktu lalu, sehingga pasien tidak tertangani dengan baik.

Berdasarkan data, untuk layanan IGD di RS Eka Hospital BSD Kota Tangsel saja, ada 60 sampai 75 pasien per hari.

"IGD merupakan pintu gerbang rumah sakit. Masalah ini harus diatasi dengan membentuk emergency departemen yang lebih baik. Kepercayaan masyarakat nanti bisa turun kalau mereka tidak terlayani," tegas drg. Rita.

Saleh Husin, Managing Director Sinar Mas mengatakan, kualitas layanan Eka Hospital terus ditingkatkan seiring dengan kemajuan teknologi kedokteran yang ada.

Peningkatan kemampuan tenaga kesehatan harus selalu ditingkatkan, sesuai dengan perkembangan teknologi yang terjadi. Meskipun begitu sentuhan kemanusiaan juga tetap nomor satu.

"Kerja sama antara dua negara saya rasa penting untuk mempererat hubungan secara langsung di bidang kesehatan," ujar Saleh Husin.

Untuk diketahui, Cedars Sinai Hospital dikenal sebagai pusat ilmu kesehatan akademik multispesialis, karena telah melatih para profesional medis lebih dari 80 residensi, serta menyediakan beasiswa di bidang khusus dan subspesialisasi maupun program pascasarjana.

Tak hanya itu Cedars Sinai dinobatkan sebagai salah satu Rumah Sakit Terbaik Amerika oleh US News & World Report secara konsisten serta menempati urutan ke-2 di California dan telah melayani di bidang kesehatan selama 100 tahun.