TangerangNews.com

iPhone 14 Diluncurkan, Ini Spesifikasi dan Harganya

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 8 September 2022 | 22:40 | Dibaca : 176


iPhone 14. (Istimewa / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com-Apple resmi merilis iPhone 14. Varian iPhone 14 dengan layar 6,1 inci adalah yang terkecil dan termurah, dan ada penambahan varian non Pro dengan layar 6,7 inci yang diperkenalkan sebagai iPhone 14 Plus. 

Varian iPhone 14 Plus memiliki kapasitas baterai terbaik, bahkan pada sebuah iPhone yang pernah ada selama ini. Baterainya cukup untuk 26 jam menonton video tanpa putus. Itu enam jam lebih lama daripada iPhone 14 dan tujuh jam lebih kuat dibandingkan iPhone 13. 

Chipset yang digunakan memang A15 yang berasal dari tahun lalu, namun yang versi 5-core GPU seperti yang ada pada iPhone 13 Pro dan bukan 4 core pada iPhone 13 dan iPhone 13 mini. Karenanya, iPhone 14 Plus memberikan peningkatan kemampuan grafis sebesar 18 persen dari model atau varian non Pro sebelumnya.

Varian iPhone 14 dan 14 Plus masih menggunakan kamera-kamera 12 MP. Namun, kamera utamanya menggunakan sensor yang lebih besar dengan kerapatan piksel 1,9 µm (naik dari 1,7 µm) dan memiliki aperture f/1,5 yang lebih cerah (naik dari f/1,6). Hasil akhirnya adalah mampu menangkap 49 persen cahaya lebih banyak dibandingkan kamera iPhone 13. 

Untuk konektivitas, Apple membawa dua pembaruan dengan jajaran iPhone 14-nya yakni satelit dan versi eSIM. Yang pertama membutuhkan Apple mendesain hardware yang seluruhnya baru dan pesanan software untuk membuat pengiriman pesan ke satelit bisa dilakukan tanpa antena yang besar. 

#GOOGLE_ADS#

Layanan ini hanya untuk teks dan akan digunakan terutama untuk kebutuhan darurat, tapi ini bisa mendukung komunikasi dua arah. Sehingga, pengguna akan menerima notifikasi ketika pertolongan darurat yang dimintanya segera datang ke arahnya. Aplikasi Find My juga akan mampu membagikan lokasi dengan teman sehingga mereka bisa tetap memantau. 

Sedangkan fitur eSIM baru akan tersedia di Amerika Serikat. Apple membanggakan kemampuan untuk dengan cepat bertukar antara beberapa eSIM dan menambahkan operator tanpa mengunjungi salah satu kantor mereka. Perangkat mendukung eSIM ganda.

Apple menetapkan iPhone 14 dan iPhone 14 Plus bisa dipesan mulai 9 September mendatang. Varian standar, iPhone 14, masih menggunakan harga lama yakni $800 atau setara saat ini Rp 11,9 juta. Ketersediaannya mulai 16 September. Sedangkan varian iPhone 14 Plus akan dibanderol mulai $900 (Rp 13,4 juta) dan baru akan tersedia 7 Oktober.

Harga-harga itu untuk mereka dengan penyimpanan 128 GB. Masih ada yang 256 dan 512 GB. Harga-harga itu mungkin berbeda lagi untuk pasar Eropa dan Cina.