TangerangNews.com

Usai Dilantik, Panwascam Kota Tangerang Segera Petakan Titik Rawan Pelanggaran Pemilu 2024

Nur Fitriani | Jumat, 28 Oktober 2022 | 20:40 | Dibaca : 655


Pelantikan Panwascam Kota Tangerang, Jumat 28 Oktober 2022. (@TangerangNews / Nur Fitriani)


TANGERANGNEWS.com-Puluhan anggota pengawas pemilu kecamatan (Panwascam) di Kota Tangerang dilantik untuk persiapan Pemilu 2024, Jumat 28 Oktober 2022.

Sebanyak 39 petugas yang telah ditetapkan langsung ditugaskan berkaitan dengan mapping wilayah, identifikasi titik rawan, melakukan tindakan preventif di 13 kecamatan, menjelang penetapan partai politik (parpol) pada 14 Desember 2022 menatang.

Agus Muslim, Ketua Bawaslu Kota Tangerang meminta para panwascam yang terpilih untuk memegang amanah agar demokrasi di Kota Tangerang dapat terjaga.

"Saya ingin panwascam dapat menunjukkan integritas dalam dua tahun ke depan, serta dapat menjadi anggota yang memegang amanah," katanya.

Pihak yang bertanggung jawab dalam Pemilu juga harus bersama-sama menjaga agar pesta demokrasi serentak itu menjadi berkualitas, mempunyai integritas dan bermartabat.

"Ini adalah awal dari teman-teman panwascam dan hari ini mereka sudah bisa memulai bekerja dan menyelesaikan administrasi di tingkat kecamatan wilayah masing-masing," ungkap Agus.

Tim panwascam sudah dapat bertugas diberi tanggung jawab yang berkaitan dengan pengawasan verifikasi administrasi pendaftaran dan penetapan parpol peserta pemilu.

"Kita berharap bahwa SDM bisa betul-betul dimaksimalkan dengan ditetapkannya panwascam," tambahnya.

Selanjutnya, Bawaslu akan melakukan bimbingan teknis yang berkaitan dengan apa yang harus tim panwascam kerjakan sesuai tugas dan wewenang.

DIketahui, pelantikan juga dihadiri Ketua Bawaslu Provinsi Banten Abdul Rosyid, perwakilan dari ketua dan anggota Bawaslu Kota Tangerang, ketua dan anggota KPU Kota Tangerang, Polres Metro Kota, Kodim 0506, Kejaksaan Negeri Kota Tangerang, Polsek Neglasari, Danramil 02 dan perwakilan MUI Kota Tangerang.