TangerangNews.com

8 Fakta Unik Dibalik Lagu November Rain

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 1 November 2022 | 15:22 | Dibaca : 1133


Potongan video klip lagu November Rain. (@TangerangNews / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com-Memasuki bulan November, banyak orang mengaitkannya dengan tembang populer yang karya band lawas Guns N Roses.

Lagu tersebut bertajuk November Rain yang dirilis pada 1991 dan masuk dalam album Use Your Illusion I. Lagu ini memiliki ciri khas pada kekuatan vocal Axl Rose yang memukau, serta solo gitar dari Slash yang begitu menghanyutkan.

November Rain begitu populer sejak pertama kali dirilis hingga saat ini. Karena itu, berikut ialah fakta unik dibalik lagu November Rain, seperti dilansir dari hops.id, Selasa, 1 November 2022. 

 

Lirik dan video

Cerita pendek karya Del James berjudul Without Your merupakan inspirasi dibalik lirik dan video klip dari lagu ini. Cerita tersebut ialah bagian bagian dari koleksi berjudul The Language of Fear.

Lalu pada versi baru dari buku ini berisi sebuah intro oleh Axl Rose, yang menulis: "Del James memiliki pengetahuan pribadi tentang sebagian besar situasi yang dia tulis, dan memiliki kecintaan pada selokan karena pernah berada di sana.”

 

Durasi

Lagu ini memiliki durasi yang cukup panjang, yakni 25 menit, baru kemudian setelah diedit durasinya berkurang menjadi 8 menit 59 detik. Disebutkan dalam versi aslinya, Slash memainkan dua kali solo gitar

 

Biaya produksi

Biaya produkis video klip November Rain mencapai 1,5 juta dollar. Meski begitu, Guns N Roses tetap mendapat keuntungan melalui hak cipta dari video musiknya yang sering diputar oleh MTV.

 

Penghargaan

Sederetan penghargaan disabet oleh lagu ini, seperti pada acara MTV Music Award pada 1992 dalam kategori Best Cinematography.

 

Ditulis Axl sejak masih di L.A. Guns

Pembuatan lagu ini sudah direncanakaan oleh Axl Rose sejak 1983, dirinya menulis lagu ini ketika masih bergabung dengan L.A. Guns sebelum membentuk Guns N Roses.

 

Merupakan trilogy

Mantan drumer Guns N Roses, Matt Sorum mengatakan November Rain sebenarnya merupakan bagian dari lagu yang disusun secara trilogi, yakni November Rain, Don’t Cry, dan Estranged.

 

Ditonton lebih dari 1 miliar di YouTube

Meski merupakan lagu lawas 90-an, November Rain tetap mendapat antusiasme penggemar dari berbagai kalangan dengan mencapai satu miliar penayangan di Youtube pada 15 Juni 2018. Pencapaian tersebut menjadikan November Rain sebagai lagu era 9-an pertama yang berhasil melakukannya.

 

Adegan solo gitar Slash

Adegan memakai solo gitar oleh Slash dalam video klip November Rain diambil di wilayah New Mexico. Gereja yang tampak dalam adegan tersebut diangkut dengan cara khusus. Sementara itu, helikoper dikerahkan untuk mengambil gambar pada video klip ini dan menjadi salah satu adegan paling ikonik.