TangerangNews.com

Bom Meledak di Madrasah Afganistan, 15 Tewas

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 1 Desember 2022 | 00:36 | Dibaca : 481


Ilustrasi ledakan bom. (@TangerangNews / Ilustrasi)


TANGERANGNEWS.com-Ledakan bom terhadi di sebuah madrasah di Kota Abyak, Provinsi Samangan, Afghanistan Utara, Rabu 30 November 2022. Akibat ledakan ini sedikitnya 15 orang tewas dan 20 lainnya luka-luka.

Juru Bicara Provinsi Emdadullah Muhajir mengatakan, peristiwa itu terjadi di dalam Madrasah Jahdia sekitar pukul 12,45 waktu setempat.

"Banyak anak laki-laki yang belajar di madrasah ini,” katanya seperti dilansir dari Sindonews yang melansir Al Jazeera.

Muhajir mengatakan pemerintah telah memulai penyelidikan kasus tersebut. Meski tidak ada kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom mengerikan itu.

#GOOGLE_ADS#

Sementara Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Dederal Abdul Nafi Takor juga membenarkan ledakan itu. Tetapi menurutnya korban tewas tidak sebanyak yang dilaporkan sebelumnya, 

"Korban tewas sejauh ini 10 orang, dengan lebih banyak yang terluka. Pasukan detektif dan keamanan kami bekerja untuk mengidentifikasi pelaku kejahatan yang tak termaafkan ini dan membawa mereka ke pengadilan," kata Takor.

Taliban mengatakan sejak mengambil alih pemerintah Afganistan, pihaknya fokus untuk mengamankan negara yang dilanda perang.

Tercatat dalam beberapa bulan terakhir, telah terjadi serangan. Beberapa di antaranya telah diklaim oleh kelompok bersenjata ISIL (ISIS).

Obaidullah Baheer, yang mengajar di American University of Afganistan mengatakan kepada Al Jazeera serangan tersebut tidak masuk akal karena korbannya kebanyakan anak-anak yang berada di sekolah agama.

“Jadi, itu menentang logika dan itu jahat,” ucapnya.

Menurutnya teror bom itu hanya dimaksudkan untuk menyebarkan ketakutan. Tujuannya untuk menunjukkan bahwa tidak ada yang aman.