TangerangNews.com

Sungai Cisadane Tercemar Bakteri E-Coli

| Rabu, 8 Juni 2011 | 19:30 | Dibaca : 68926


Afandi Permana (tangerangnews / dira)


TANGERANG – Bakteri e-coli diduga kuat mulai mencemari sungai aliran Cisadane di wilayah Tangerang. Hal ini tak lepas dari pembuangan kotoran dari rumah pemotongan hewan, industri, dan juga limbah rumah tangga yang dilakukan di sepanjang aliran Cisadane.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Tangerang, Afandi Permana mengatakan, berdasarkan data yang ada, Cisadane memang tercemari bakteri E-Coli tersebut. Hanya saja, untuk di wilayah Kota Tangerang, tingkat pencemaranannya masih tergolong ringan.
 
“Pencemaran bakteri e-coli berasal dari tinja masyarakat sekitar yang telah terkontaminasi limbah rumah tangga dan limbah pabrik. Tidak cuma itu, tinja peternakan hewan salah satu penyebab utama merebaknya pencemaran bakteri e-coli di sungai Cisadane,” katanya.

Lantaran hal itu, dia menghimbau agar masyarakat di sepadan Cisadane tidak memanfaatkan air di aliran Cisadane untuk kebutuhan apapun. Terlebih untuk kebutuhan memasak. “Terkecuali, yang sudah diolah melalui penyaringan khusus yang dilakukan PDAM,” ucapnya.(DRA)