TangerangNews.com

Kampanye Ramai Anak-Anak, Jazuli-Zakki Ditegur Panwaslu

| Minggu, 16 Oktober 2011 | 20:01 | Dibaca : 23919


Jazuli Juwaini-Makmum Muzakki. (tangerangnews / dokumen )


TANGERANG-Panwaslu Kota Tangerang akan memberikan teguran kepada pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Banten Nomor Urut 3, Jazuli Juwaeni-Makmun Muzakki karena melibatkan anak-anak saat kampanye putaran terakhir di Lapangan Ahmad Yani, Kota Tangerang, Minggu (16/10).

 
Menurut, Anggota Panwasu Kota Tangerang Zainil Miftaha dari  hasil pengawawsan yang dilakukan saat kampanye Jazuli-Zakki, pihaknya mendapati belasan anak-anak dibawah umur yang dibawa di depan panggung kampanye.
 
“Panwaslu melarang keras kepada tim kampanye yang mengikut sertakan anak-anak dalam berkampanye karena demi perlindungan fisik dan psikis anak tersebut, hal ini berdasarkan ketentuan Undang-Undang (UU) Nomor 32 Tahun 2004 perubahan UU Nomor 12 Tahun 2008 pasal 5,” ungkapnya.
 
Zainal mengungkapkan, pihaknya sangat menyayangkan adanya nak-anak dalam kampanye tersebut. Untuk itu, pihaknya akan member teguran kepada pelaksana maupun calonnya. “Ini akan jadi catatan kami. Dan akan kami menegurnya,” katanya
 
Sementarai itu, Humas DPD PKS Kota Tangerang Jumei Setyo, selaku penanggungjawab kegiatan kampanye mengatakan, pihaknya tidak bisa melarang orang tua kader maupun simpatisannya yang membawa anak-anak mereka dalam kampanye tersebut. Hanya saja, dia juga sudah mengingatkan kepada mereka yang membawa anak-anak untuk tidak membawanya di area kampanye.
 
 “Kami sudah sediakan tenda. Jadi, anak-anak bisa dititipakan di tenda. Hanya saja, kadang anak-anak sulit dilarang dan meminta orang tuanya ikut ke depan panggung,” jelasnya.
 
Meskipun demikian, dia beralasan lagi, bahwa membawa anak-anak dalam kampanye sudah biasa dilakukan kader PKS dan juga simpatisan mereka. Tujuannya, tegas Jumei, untuk mengajarkan anak-anak melek politik dan bisa melihat langsung proses berpolitik seperti, kampanye, pemilihan dan juga proses politik lainnya. “Ini kan untuk mendidik anak-anak juga,” tegasnya.(RAZ)