Connect With Us

Sinar Mas Land Upgrade BSD City Sebagai Pionir Integrated Smart Digital City di Tanah Air

EYD | Selasa, 19 April 2016 | 08:14

| Dibaca : 2463

Sinar Mas Land melakukan ugrpade BSD City sebagai Pionir Integrated Smart Digital City di Tanah Air (dok sinar mas land / tangerangnews)

TANGERANG – Sinar Mas Land, salah satu pengembang properti terbesar dan terpercaya di Asia Tenggara, semakin berfokus mengembangkan BSD City sebagai pionir kota pintar berbasis digital yang terintegrasi (integrated smart digital city).

Perubahan pola kehidupan penghuni BSD City seiring perkembangan teknologi menjadi landasan Sinar Mas Land untuk melakukan inovasi lewat implementasi pelayanan ICT (Information Communications Technology) yang kini telah menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat dan komunitas di berbagai belahan dunia.

Perencanaan pengembangan BSD City yang dilakukan Sinar Mas Land tidak hanya sebatas dalam membangun utilitas dan infrastruktur publik, atau menyediakan broadband internet ke seluruh rumah warga BSD City sehingga dapat mengakses internet. Lebih dari itu, Sinar Mas Land berupaya menyusun dan menempatkan jaringan terintegrasi yang membantu perencanaan kota dan kehidupan masyarakat dalam mengakses fasilitas, kesehatan, transportasi, makanan, hiburan hingga bangunan.

”Sinar Mas Land percaya kota yang sukses dan berkembang di masa depan adalah kota yang dapat memberdayakan informasi untuk meningkatkan kualitas hidup dan lingkungan. Inilah yang akan dimaksimalkan oleh BSD City, mengatur dan menyajikan informasi sehingga dapat memberikan kemudahan bagi warga untuk membayar tagihan mereka saat di rumah, di tempat kerja atau di sekolah. Menyediakan informasi lalu lintas real-time untuk warga BSD City, memudahkan perencanaan perjalanan untuk pergi bekerja atau memilih transportasi umum, hingga menerapkan efisiensi penggunaan transportasi yang dapat mengurangi emisi,” ujar Irvan Yasni, Chief Technology Officer Sinar Mas Land, dalam siaran pers yang diterima Tangerangnews.com hari ini.

Sinar Mas Land memahami bahwa mewujudkan BSD City sebagai integrated smart digital city membutuhkan persiapan khusus. Irvan pun memaparkan lebih detail persiapan yang telah dilakukan. ”Persiapan infrastruktur telah kita siapkan sejak 2014 dan 2015, dimulai dari area BSD Timur dengan pemasangan fiber optic, dan kini telah telah selesai. Tahun 2016 ini kita menyiapkan infrastruktur di area BSD Barat dan sekitar bulan Juni diharapkan semua telah rampung, sehingga seluruh areal BSD City telah terkoneksi jaringan fiber optic.“

Ragam Aplikasi Mobile Terintegrasi di BSD City

Keseriusan Sinar Mas Land dalam mengembangkan BSD City menjadi integrated smart digital city dimulai dengan penyediaan aplikasi mobile yang terintegrasi dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat BSD City. Aplikasi tersebut berupa e-wallet, community platform, loyalty programs, dan business performance management solutions. Sinar Mas Land berupaya agar semua masyarakat yang menghuni wilayah BSD City memiliki sarana dan prasarana berkualitas, mendapatkan kualitas kehidupan terbaik serta kemudahan dalam berbagai macam hal, salah satunya dalam konteks kali ini yaitu dalam hal bertransaksi dengan aplikasi mobile yang terintegrasi tersebut.

Keberadaan aplikasi mobile yang terintegrasi diharapkan dapat memberikan kemudahan informasi dan kemudahan dalam segala bentuk transaksi bagi para penghuni BSD City, mulai dari pembayaran sewa bagi para tenant, hingga melakukan pemesanan tempat di berbagai restoran yang ada di area BSD City. Masyarakat BSD City akan dapat dengan mudah mencari segala informasi dan melakukan transaksi selama 24 jam dengan bermodalkan smartphone, mulai dari membeli barang kebutuhan sehari-hari, reservasi liburan, memesan tiket konser dan bioskop, membeli tiket pesawat atau kereta.

“Fase pertama yang dilakukan BSD City adalah membuat beberapa mobile apps, dibantu oleh PT Kresna Graha Investama Tbk, yang sifatnya standar, ditujukan untuk membantu kehidupan penghuni BSD City. Selain itu ada beberapa yang sifatnya ditujukan untuk community services dan dibangun untuk masyarakat BSD City seperti surveillance camera untuk security atau traffic. Beberapa yang dapat kita capai pada 2016 ini adalah yang bersifat standar, seperti melihat membayar bill atau membeli tiket,” terang Irvan Yasni.

Wujudkan Area Silicon Valley di BSD City

Sinar Mas Land juga berupaya untuk mewujudkan area yang ditujukan untuk perusahaan Digital mulai dari start up company hingga technology leaders. Area ini nantinya akan mirip seperti Silicon Valley di Amerika Serikat dan lengkap dengan beragam infrastruktur, fasilitas dan prasarana terbaik untuk menunjang proses operasi setiap perusahaan didalamnya. Langkah mewujudkan area semacam Silicon Valley di BSD City akan semakin mudah bila kota mandiri seluas 6.000 hektar ini telah berhasil dikembangkan menjadi integrated smart digital city dengan beragam keunggulan teknologi.

BSD City dari sisi infrastuktur telah dilengkapi koneksi fiber untuk mendukung akses internet dan kecepatan pengiriman data, high resiliencies fiber backbone, keterbukaan akses untuk fleksibilitas, hingga kesiapan pelayanan cloud kelas dunia. Selain itu dari sisi geografi kawasan ini memiliki lokasi yang berdekatan dengan Jakarta dan bandara internasional Soekarno Hatta, kemudahan akses wilayah ditunjang 2 jalur tol  utama serta stasiun kereta api. Tak hanya itu, BSD City memiliki kelengkapan infrastruktur, kombinasi perkantoran, retail dan kawasan residensial yang dikembangkan dengan memperhatikan aspek ramah lingkungan dan pelestarian alam.

“Apabila membicarakan Smart City, maka cakupannya adalah seluruh area BSD City. Namun untuk area Silicon Valley, kami baru mencoba mengarah kesana dan konsep kita tidak seperti di Amerika Serikat, karena sifatnya bisa jadi lebih terpusat atau terdistribusi. Plan Allocation pasti di area business district kita yang tersambung dari CBD 1 di timur, hingga ke arah Barat,” tutup Irvan.

PROPERTI
Rangkul UKM, Dua Factory Outlet Terbesar Buka di QBig BSD

Rangkul UKM, Dua Factory Outlet Terbesar Buka di QBig BSD

Jumat, 3 Februari 2017 | 16:00

TANGERANGNews.com-Dua factory outlet terbaru besar dan terbesar di Qbig BSD City, Tangsel, yakni Factory outlet tersebut adalah Truly premiun Outlet (TPO) dan FAMOGAL (Fashionable Moslem Gallery, mulai dibuka.

KOTA TANGERANG
Target 30% RTH di Kota Tangerang Butuh Rp18 Triliun

Target 30% RTH di Kota Tangerang Butuh Rp18 Triliun

Jumat, 24 Maret 2017 | 17:00

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota Tangerang membutuhkan anggaran sebesar Rp18 triliun untuk memenuhi target 30 persen Ruang Terbuka Hijau (RTH). Jumlah itu pun jika diasumsikan harga tanah Rp1 juta per meter.

SPORT
Red Bull Luncurkan RB13,Bidik Kembali Singasana F1

Red Bull Luncurkan RB13,Bidik Kembali Singasana F1

Senin, 27 Februari 2017 | 08:15

Red Bull merilis mobil terbarunya untuk musim 2017. Diberi nama RB13, jet darat itu ditargetkan bisa menandingi Mercedes dan merebut kembali singasana balapan F1.

WISATA
Istana Nelayan, Restoran dengan Konsep Edukasi Alam di Tangerang

Istana Nelayan, Restoran dengan Konsep Edukasi Alam di Tangerang

Rabu, 15 Februari 2017 | 08:00

TANGERANGNews.com-Kota metropolitan seperti Tangerang saat ini sudah kekurangan ruang terbuka sebagai sarana rekreasi. Namun keterbatasan itu dimanfaatkan Istana Nelayan Resto & Cafe yang berlokasi di Jalan MH Thamrin, Kebon Nanas, Kota Tangerang, deng

"Seorang pesimis melihat kesulitan dalam setiap kesempatan, sedangkan seorang optimistis melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Sir Winston Churchill