Connect With Us

Galeri Iptek & Inovasi Hadir di BSD City

Yudi Adiyatna | Kamis, 4 Oktober 2018 | 18:58

Ground Breaking proyek Galeri Iptek dan Inovasi GIPTI di BSD City, Tangerang. (TangerangNews.com/2018 / Yudi Adiyatna)

 

TANGERANGNEWS.com-Pengembang properti Sinar Mas Land manggandeng Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) membangun proyek galeri Iptek dan Inovasi (GIPTI) diatas lahan seluas 15 hektar di wilayah Pagedangan, Kabupaten Tangerang. 

Peletakan batu pertama pembangunan proyek itu dihelat Kamis (4/10/2018) yang turut dihadiri oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Muhammad Nasir.

GIPTI

Kepada awak media, Nasir mengatakan GIPTI merupakan proyek kolaborasi Puspitek dan Sinar Mas Land yang telah digagas sejak tahun 80-an untuk membangun kawasan technopolis. 

"Saat ini kami mencoba menghidupkan kembali konsep tersebut dengan mengembangkan National Science and Technology Park, yang tidak hanya berfokus sebagai pusat penelitian dan pengembangan iptek, tetapi juga sebagai pusat pengembangan produk nasional, pusat pertumbuhan kewirausahaan berbasis teknologi melalui inkubasi, pusat informasi iptek, dan pusat pelatihan bagi sdm industri," ujar Nasir.

GIPTI sendiri dibangun di lahan tidur milik Puspiptek dan akan menjadi tempat pameran inovasi teknologi dan startup berbasis teknologi binaan inkubator bisnis teknologi Puspitek. Selain itu, GIPTI diharapkan akan menjadi wadah atau mediator bertemunya inovator teknologi dan investor yang ditargetkan akan beroperasi pada Juni 2019 mendatang.

Hingga kini, GIPTI telah memiliki 3 tenan, yaitu Walden Global Services untuk Software QA Centre, Purwadhika untuk Digital Innovation Lab, dan Rumah Kreatif Jogja untuk The Hub by Joedo.

Kepala Puspitek Serpong Sri Setiawati mengatakan pembangunan GIPTI akan menggunakan pembiayaan melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari Sinar Mas Land.

"Pembangunan ini bukan dari pemerintah saja. Kami berkolaborasi dan total pembiayaan masih dalam tahap finalisasi, masih dalam tahapan perbincangan lebih lanjut," ujar Sri.

Sementara itu, CEO Strategic Land Bank Sinar Mas Land Christopher Siswanto Adisaputro mengatakan dengan adanya pembangunan GIPTI semakin mendukung tujuan BSD City yang tengah bertransformasi menjadi integrated smart digital city dengan pengembangan proyek Digital Hub yang kedepannya akan menjadi Silicon Valley versi Indonesia.

"Kehadiran GIPTI juga akan memperkaya ekosistem BSD City dan sebagai talent pool bagi sejumlah perusahaan yang terdapat di kawasan Digital Hub. Lebih jauh lagi pengembangan kawasan Digital Hub ini akan menciptakan banyak sekali peluang bagi berbagai pihak lintas sektor, termasuk lapangan pekerjaan baru," ujar Siswanto.(RMI/HRU)

KAB. TANGERANG
Jadwal SIM keliling Selasa 19 Maret 2024 di Kabupaten Tangerang 

Jadwal SIM keliling Selasa 19 Maret 2024 di Kabupaten Tangerang 

Selasa, 19 Maret 2024 | 05:52

Sat Lantas Kabupaten Tangerang telah mengumumkan jadwal layanan SIM keliling untuk Selasa, 19 Maret 2024.

TEKNO
Canggih, Ini 7 Fitur Rahasia WhatsApp yang Jarang Diketahui

Canggih, Ini 7 Fitur Rahasia WhatsApp yang Jarang Diketahui

Selasa, 19 Maret 2024 | 10:16

WhatsApp terus menghadirkan beragam fitur baru, termasuk beberapa yang mungkin jarang diketahui oleh pengguna.

HIBURAN
Ovarium Kiri Kiky Saputri Diangkat Gegara Kista, Dokter Boyke Sebut Masih Berpeluang Hamil 

Ovarium Kiri Kiky Saputri Diangkat Gegara Kista, Dokter Boyke Sebut Masih Berpeluang Hamil 

Selasa, 19 Maret 2024 | 12:16

Duka tengah dialami Komika Kiky Saputri lantaran baru saja keguguran serta ovarium kirinya harus diangkat akibat kista.

BANDARA
1 Ton Makanan Viral Asal Thailand Milk Bun Diduga Jastip Dimusnahkan di Bandara Soetta

1 Ton Makanan Viral Asal Thailand Milk Bun Diduga Jastip Dimusnahkan di Bandara Soetta

Jumat, 8 Maret 2024 | 14:11

Bea Cukai Soekarno-Hatta (Soetta) bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memusnahkan 2.564 pcs olahan pangan viral Milk Bun asal Thailand, Jumat 08 Maret 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill