Connect With Us

Galeri Iptek & Inovasi Hadir di BSD City

Yudi Adiyatna | Kamis, 4 Oktober 2018 | 18:58

| Dibaca : 428

Ground Breaking proyek Galeri Iptek dan Inovasi GIPTI di BSD City, Tangerang. (TangerangNews.com/2018 / Yudi Adiyatna)

 

TANGERANGNEWS.com-Pengembang properti Sinar Mas Land manggandeng Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) membangun proyek galeri Iptek dan Inovasi (GIPTI) diatas lahan seluas 15 hektar di wilayah Pagedangan, Kabupaten Tangerang. 

Peletakan batu pertama pembangunan proyek itu dihelat Kamis (4/10/2018) yang turut dihadiri oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Muhammad Nasir.

GIPTI

Kepada awak media, Nasir mengatakan GIPTI merupakan proyek kolaborasi Puspitek dan Sinar Mas Land yang telah digagas sejak tahun 80-an untuk membangun kawasan technopolis. 

"Saat ini kami mencoba menghidupkan kembali konsep tersebut dengan mengembangkan National Science and Technology Park, yang tidak hanya berfokus sebagai pusat penelitian dan pengembangan iptek, tetapi juga sebagai pusat pengembangan produk nasional, pusat pertumbuhan kewirausahaan berbasis teknologi melalui inkubasi, pusat informasi iptek, dan pusat pelatihan bagi sdm industri," ujar Nasir.

GIPTI sendiri dibangun di lahan tidur milik Puspiptek dan akan menjadi tempat pameran inovasi teknologi dan startup berbasis teknologi binaan inkubator bisnis teknologi Puspitek. Selain itu, GIPTI diharapkan akan menjadi wadah atau mediator bertemunya inovator teknologi dan investor yang ditargetkan akan beroperasi pada Juni 2019 mendatang.

Hingga kini, GIPTI telah memiliki 3 tenan, yaitu Walden Global Services untuk Software QA Centre, Purwadhika untuk Digital Innovation Lab, dan Rumah Kreatif Jogja untuk The Hub by Joedo.

Kepala Puspitek Serpong Sri Setiawati mengatakan pembangunan GIPTI akan menggunakan pembiayaan melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari Sinar Mas Land.

"Pembangunan ini bukan dari pemerintah saja. Kami berkolaborasi dan total pembiayaan masih dalam tahap finalisasi, masih dalam tahapan perbincangan lebih lanjut," ujar Sri.

Sementara itu, CEO Strategic Land Bank Sinar Mas Land Christopher Siswanto Adisaputro mengatakan dengan adanya pembangunan GIPTI semakin mendukung tujuan BSD City yang tengah bertransformasi menjadi integrated smart digital city dengan pengembangan proyek Digital Hub yang kedepannya akan menjadi Silicon Valley versi Indonesia.

"Kehadiran GIPTI juga akan memperkaya ekosistem BSD City dan sebagai talent pool bagi sejumlah perusahaan yang terdapat di kawasan Digital Hub. Lebih jauh lagi pengembangan kawasan Digital Hub ini akan menciptakan banyak sekali peluang bagi berbagai pihak lintas sektor, termasuk lapangan pekerjaan baru," ujar Siswanto.(RMI/HRU)

OPINI
Menciptakan Pencipta Hoax yang Adil dan Beradab

Menciptakan Pencipta Hoax yang Adil dan Beradab

Kamis, 11 Oktober 2018 | 11:34

TANGERANGNEWS.com-Menyimak pemberitaan media baru-baru ini yang tengah ramai menyoroti sosok Ratna Sarumpaet, seorang mantan aktivis

WISATA
Menilik Kisah Malin Kundang di Pantai Air Manis Padang

Menilik Kisah Malin Kundang di Pantai Air Manis Padang

Rabu, 26 September 2018 | 12:00

TANGERANGNEWS.com-Kalau kamu orang Indonesia asli, pasti sudah nggak asing ya dengan legenda Malin Kundang. Cerita rakyat dari Sumatera Barat ini sudah diperkenalkan kepada anak-anak sejak kecil.

SPORT
71 Atlet Menembak Bersaing Rebut Empat Emas di Porprov Banten

71 Atlet Menembak Bersaing Rebut Empat Emas di Porprov Banten

Senin, 15 Oktober 2018 | 19:03

TANGERANGNEWS.com-71 atlet menembak pada perhelatan olahraga Provinsi (Porprov) Banten ke-5 pada cabang olah raga (cabor) menembak akan

BANDARA
Asian Para Games 2018 Berakhir, 1.600 Atlet Padati Bandara Soekarno-Hatta

Asian Para Games 2018 Berakhir, 1.600 Atlet Padati Bandara Soekarno-Hatta

Minggu, 14 Oktober 2018 | 16:00

TANGERANGNEWS.com-Perhelatan Asian Para Games 2018 secara resmi ditutup. Kontingen mulai kembali ke negaranya masing-masing melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Semua orang pernah gagal. Sebagian menyerah, sebagian bangkit kembali. Maka ada pecundang, ada pemenang."

Ken Terate