Connect With Us

Kawasan Tangerang Mulai Jadi Incaran Pasar Properti Apartemen

Redaksi | Selasa, 12 November 2019 | 19:56

| Dibaca : 2744

Salah satu apartemen yang berada di kawasan Tangerang. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Kawasan Tangerang dewasa ini menjadi salah satu kawasan yang dianggap paling potensial dari segi pasar properti apartemen. Kawasan ini mulai menjadi incaran pengembang properti untuk mencakup pasar yang lebih luas lagi.

Hasil survei JLL Indonesia mengungkapkan bahwa Tangerang dan area sekitarnya mendominasi suplai properti di wilayah Jabodetabek sebesar 54 persen, yang kemudian diikuti oleh Bekasi sebesar 22 persen, Depok sebesar 16 persen, dan Bogor sebesar 8 persen. 

Selain itu, dalam tiga bulan pertama tahun 2019, terdapat dua pembangunan kondominium yang baru diluncurkan, dan keduanya berada di kawasan Tangerang.

Data JLL mengungkapkan bahwa terdapat 62.513 unit yang terjual dari total 160 proyek kondominium di kawasan Jabodetabek.

“Kami melihat banyak yang suka tinggal di Tangerang, Bekasi, Depok, dan Bogor karena ketersediaan fasilitas di kompleks kondominium itu, misalnya area terbuka dan taman. Termasuk dengan adanya transportasi umum,” ucap James Taylor selaku Head of Research JLL.

Anton Sitorus, Head of Research and Consultancy Savills Indonesia, mengungkapkan bahwa kesiapan wilayah Tangerang menjadi penyebab pengembang terus membangun apartemen.

Anton mengatakan, konsumen tertarik membeli hunian di kawasan ini karena pengembang besar sudah mulai membangun di sini sejak lama dan tingkat perekonomiannya juga cukup menunjukan tren positif.

Dalam rentang waktu 2015-2018, jumlah apartemen di kawasan Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek) mencapai angka 13.800 unit.

Berdasarkan hasil riset Savills Indonesia, diperkirakan hingga 2022 terdapat tambahan sebanyak 129.000 unit apartemen baru. Jumlah tersebut melampaui proyeksi apartemen yang ada di Jakarta yaitu sebanyak 50.000 unit baru sampai tahun 2023.

Anton mengungkapkan bahwa pasokan apartemen yang melimpah hingga beberapa tahun ke depan di Bodetabek didorong oleh keyakinan para pengembang terkait dengan permintaan hunian di kawasan tersebut yang akan terus menunjukkan tren peningkatan.

Selain itu, transportasi dan  pembangunan infrastruktur yang semakin memadai juga semakin mempermudah masyarakat yang tinggal di kawasan Bodetabek untuk menjangkau Jakarta.

Dia menambahkan, fasilitas penunjang residensial bagi penghuni apartemen juga cukup membantu, seperti pusat pendidikan, rumah sakit, dan fasilitas komersial. “Walaupun daerah lain sekitar Jakarta juga mulai bersaing seperti Bekasi, Sentul, dan Bogor,” ujarnya.

Dari seluruh jumlah apartemen di Bodetabek tersebut, mayoritas atau sebanyak 57 persen berada di kawasan Tangerang. Rata-rata pasar yang dituju atau dijadikan target adalah segmen menengah bawah.

“Segmen menengah dengan harga berkisar Rp 300 juta hingga Rp 400 juta per unit merupakan yang paling kompetitif saat ini.” ujar Agung Hadi selaku Direktur Utama PT Bhakti Agung Propertindo.

Saat ini, Bhakti Agung Propertindo sendiri tengah menggarap proyek apartemen di Ciledug, kota Tangerang. Permintaan apartemen di kawasan tersebut tergolong masih cukup tinggi.

Hal ini dapat dilihat dari penjualan menara pertama mereka yang sudah mencapai separuh dari total unit yang ditawarkan.

Tidak hanya Bhakti Agung Propertindo, Direktur Pengembangan dan Pemasaran PT Adhi Commuter Properti, Indra Syahruzza mengatakan hingga saat ini pihaknya telah memiliki beberapa proyek pengembangan properti yang berlokasi di luar Jakarta, salah satunya di Tangerang.

“Saat ini kami tengah menjalankan beberapa proyek di luar Jakarta, dan kedepannya kami masih akan terus mencari peluang untuk proyek lainnya, baik yang berlokasi di Jakarta maupun luar Jakarta,” ujarnya.

Seiring dengan meningkatnya kondisi pasar properti apartemen di kawasan Tangerang, tidak hanya pengembang apartemen dan calon penghuni apartemen yang memiliki andil, namun juga platform sewa-menyewa apartemen.

Hadirnya platform sewa-menyewa apartemen dalam pasar properti apartemen dapat mempercepat proses sewa-menyewa itu sendiri, yang tentunya dapat meningkatkan intensitas pasar pula. Sebut saja Jendela360.

Jendela360 adalah platform spesialis penyewaan apartemen terbaik di Jakarta yang hadir sebagai agen properti apartemen yang tepat bagi Anda menginginkan kecepatan dan kemudahan dalam pencarian sewa apartemen di Jakarta.

Telah berhasil mencakup banyak apartemen di Jakarta, kini Jendela360 berencana untuk memperluas pangsa pasarnya ke kawasan Tangerang. Dengan prinsip kemudahan yang ditawarkan, Jendela360 dapat membantu pasar apartemen di Tangerang berkembang lebih pesat.

Hadirnya platform spesialis sewa apartemen ini dapat menjadi jawaban atas keraguan bagi penyewa dan pemilik apartemen yang mengalami kesulitan dalam mencari dan menyewakan apartemennya.

Bagi calon penyewa apartemen yang tengah dalam proses mencari unit apartemen, Jendela360 dapat memberikan solusi cepat dan mudah dalam mencari informasi sewa apartemen melalui situs online.

Calon penyewa akan dimudahkan dengan foto apartemen yang representatif, kepraktisan dalam menghubungi agen atau pemilik apartemen, pendampingan secara personal dan profesional saat mengunjungi unit, hingga kemudahan dalam proses pembayaran sewa apartemen.

Tidak hanya bagi calon penyewa apartemen, Jendela360 juga hadir sebagai mitra bagi pemilik apartemen yang akan menyewakan apartemennya. Pemilik unit apartemen akan disuguhkan fasilitas pengiklanan unit apartemen dengan foto yang menarik, jelas, dan representatif, serta menjembatani kebutuhan para penyewa yang mempunyai karakteristik yang berbeda-beda.

Banyak sekali keuntungan yang dapat pemilik unit apartemen raih dengan menitipkan unitnya ke pihak Jendela360. Unit apartemen yang dititipkan tidak hanya akan difoto secara profesional dengan kualitas yang baik dan detail, namun juga ditambah dengan fitur Virtual Tour 360 yang akan membuat unit lebih menarik dan eksklusif bagi calon penyewa.

Dengan ribuan unit apartemen yang telah di listing dan ribuan pengunjung situs per harinya, Jendela360 berkomitmen untuk memudahkan penyewaan apartemen ditengah ketatnya persaingan bisnis properti dewasa ini, termasuk di kawasan Tangerang.

 

TOKOH
Tangerang Berduka, Ebrown Lubuk Tutup Usia

Tangerang Berduka, Ebrown Lubuk Tutup Usia

Senin, 2 Desember 2019 | 20:33

TANGERANGNEWS.com—Kabar duka datang dari Tangerang. Ebrown Lubuk, tokoh masyarakat di Tangerang wafat.

BANDARA
Unicef Buka Booth Donasi di Bandara Soekarno-Hatta

Unicef Buka Booth Donasi di Bandara Soekarno-Hatta

Rabu, 20 November 2019 | 14:54

TANGERANGNEWS.com—Unicef membuka booth donasi di seluruh terminal Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (20/11/2019).

BANTEN
Pemotor Tewas Ditabrak Mini Bus di Merak

Pemotor Tewas Ditabrak Mini Bus di Merak

Senin, 9 Desember 2019 | 10:10

Cilegon - Seorang pengendara motor bernomor polisi A 6337 WH tewas seketika di lokasi kejadian setelah menabrak mobil mini bus A-1481-RO di Merak, Banten.

"Tanpa strategi, eksekusi bisa kehilangan arah, Tanpa eksekusi, strategi tidak ada gunanya."

Morris Chang