Connect With Us

Universitas Luar Negeri Pertama di Indonesia, Monash University Hadir di BSD City

Redaksi | Selasa, 1 Desember 2020 | 17:37

Monash University di kawasan BSD Green Office Park. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com–Monash University tahun depan memilih BSD City di Tangerang sebagai pusat pembelajaran di Indonesia. Lokasi tepatnya di gedung GOP 9 kawasan BSD Green Office Park.

Monash University merupakan institusi pendidikan tinggi yang berdiri pada 1958 di Melbourne, Australia. Institusi perguruan tinggi tersebut tahun ini berhasil menduduki peringkat 55 dunia berdasarkan QS World University Ranking. 

Ekspansinya ke Indonesia merupakan langkah Monash untuk melebarkan sayapnya ke tingkat global, setelah membuka kampus di Malaysia, Tiongkok, dan India.

Monash Indonesia akan mendukung perkembangan perguruan tinggi lokal melalui beberapa program kemitraan. Kehadiran Monash juga akan memacu perguruan tinggi nasional untuk dapat berprestasi di tingkat global. 

Tampak depan Monash University di kawasan BSD Green Office Park.

Group CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja menyampaikan, bahwa pihaknya merasa sangat terhormat karena BSD City dapat menjadi lokasi bagi Monash University.

 “ini merupakan peristiwa bersejarah sangat penting yang ditorehkan oleh pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Kami juga turut mendukung Monash University dalam upayanya untuk makin memperluas jaringannya di skala global sehingga mahasiswa Indonesia dapat turut menerima pendidikan kelas dunia,” tutur Michael.

Tampak dalam Monash University di kawasan BSD Green Office Park.

Sementara itu, Professor Andrew MacIntrye, Wakil Rektor Senior Bidang Kemitraan Asia Tenggara Monash University mengatakan, pihaknya memilih BSD City karena lokasinya mencerminkan tujuan dari Monash. "Karena BSD City terkoneksi dengan industri, berada dekat dengan sejumlah perusahaan yang inovatif dan perguruan tinggi Indonesia lainnya, memiliki lingkungan yang berkesinambungan dan memberikan kehidupan yang baik antara kerja, rekreasi dan gaya hidup," ujarnya.

Tampak dalam Monash University di kawasan BSD Green Office Park.

Kehadiran Monash melengkapi ekosistem pendidikan di BSD City yang telah menjadi tuan rumah bagi sejumlah institusi pendidikan ternama seperti Universitas Atma Jaya, Universitas Prasetiya Mulya, dan IULI. Institusi berskala global seperti Apple Developer Academy dari Apple Inc. dan AWS Academy dari Amazon pun beroperasi di sini. Para pelajar dan mahasiswa dapat menambah ilmu serta keahlian melalui pusat pendidikan nonformal seperti Purwadhika Digital Technology School, Techpolitan, Binar Academy, Creative Nest, dan NXL Esports Center. 

Nanti, lulusan Monash University diharapkan dapat mengisi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) di perusahaan-perusahaan yang berkantor dalam kawasan Central Business District (CBD) BSD City seperti Unilever, NTT, Orami, MyRepublic dan beragam lainnya. Akses menuju dan dari BSD City juga mudah yaitu melalui tol Jakarta-Serpong dan Jakarta-Merak yang terhubung dengan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), tol Jagorawi, dan tol Bandara. BSD City juga terintegrasi dengan beragam moda transportasi publik seperti Royal Trans Jabodetabek dan kereta listrik Commuter Line melalui kawasan transit-oriented development (TOD) Intermoda BSD City. 

Monash University Indonesia akan mulai beroperasi pada Oktober 2021. Monash akan berfokus pada pendidikan tingkat Magister (S2) untuk bidang studi Data Science, Urban Design, Business Innovation dan Public Policy & Management. (RED/RAC)

BANTEN
3,5 Juta Kendaraan Diprediksi Lewati Tol Tangerang Merak saat Mudik Lebaran 2024

3,5 Juta Kendaraan Diprediksi Lewati Tol Tangerang Merak saat Mudik Lebaran 2024

Kamis, 28 Maret 2024 | 17:11

Sebanyak 3,5 juta kendaraan diprediksi melewati Tol Tangerang Merak saat mudik Lebaran 2024.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

NASIONAL
Kenapa Puasa Bikin Bau Mulut? Dokter Jelaskan Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kenapa Puasa Bikin Bau Mulut? Dokter Jelaskan Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kamis, 28 Maret 2024 | 17:12

Bulan Ramadan merupakan bulan di mana umat Islam berpuasa selama sebulan penuh.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill