Connect With Us

Batas Waktu Rio Tampil di F1 Tinggal Satu Pekan Lagi

EYD | Rabu, 27 Januari 2016 | 10:32

Rio Haryanto (istimewa / tangerangnews)

TANGERANG – Kubu Rio Haryanto terus berupaya keras mengumpulkan dana. Itu sebagai syarat masuk sebagai pengemudi tim balap Formula One (F1) bersama Manor Racing Team.

Sayang, Rio mengalami kendala besar dalam pengumpulan dana.

Dia sejauh ini baru mendapatkan 5.2 juta euro hasil hibah dari Pertamina.

Kemudian, mendapat garansi tambahan senilai Rp100 miliar (sekitar 6,6 juta euro) dari Kemenpora. Padahal, Rio harus mengumpulkan dana senilai 15 juta euro dan harus disetor paling lambat pekan depan.

Pihak Manor sebelumnya sudah memberikan surat peringatan yang ditujukan kepada pihak yang mewakili Rio di Indonesia, PT Kiky Sport, pada 12 Januari 2016.

Inti surat yang ditandatangani Direktur Manor Racing, Abdulla Boulsien itu mengingatkan agar Rio segera memenuhi persyaratan yang diberikan.

"Tidak ada toleransi setelah minggu depan karena itu yang dinyatakan dalam pengumuman mereka (Manor)," kata Rio di ruang media Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jakarta, Rabu (27/1/2016).

Rio mengaku sudah membicarakan kontrak dengan tim Manor beberapa waktu yang lalu. Hingga kini Manor masih menunggu kabar serta kepastian dari Rio.

"Setelah ada kabar baik dari Kemenpora kemarin, jadi mudah-mudahan sebentar lagi ada kabar baik selanjutnya," ucapnya.

"Tenggat waktu yang dikasih Manor itu sampai minggu depan, tepatnya saya kurang tahu. Yang pasti minggu depan."

Bagi Rio, janji satu kursi dari tim Manor adalah kesempatan yang tidak boleh disia-siakan.

Apalagi, lanjut pria kelahiran Surakarta itu, saat ini adalah momentum yang tepat.

Rio menilai tahun lalu adalah masa yang sukses bagi dirinya karena mampu tampil gemilang di ajang kompetisi GP2. Pencapaiannya tersebut membuatnya merasa sangat siap untuk dapat tampil di F1.

Adapun momentum yang dimaksudkan Rio adalah tiga hal penting bagi seorang pembalap agar dapat bertahan atau masuk ke dalam kompetisi. Tiga hal itu adalah kemampuan, dukungan, serta kesempatan dari tim. Saat ini, Rio memiliki tiga hal tersebut.

"Tahun depan saya masih belum tentu ada tiga hal ini. Right now, saya punya potensi besar untuk bisa terjun di F1 bersama tim Manor dan menggunakan mesin Mercedes. Ini akan jadi challenge yang sangat besar bagi tim Manor dan saya. (Walau) tim papan bawah, tapi mereka memiliki keinginan yang sangat besar," tukas Rio.

Salah satu yang menjadi titik pandang Rio itu adalah langkah Manor merekrut ofisial serta staf mumpuni. Pat Fry yang pernah bergabung dalam tim Benetton, McLaren, dan Ferrari bergabung sebagai konsultan mesin.

Kemudian Nikolas Tomabzis yang juga pernah bergabung dalam tim Benetton, Ferrari, serta McLaren akan menjadi kepala bagian aerodinamis tim.

"Dengan adanya team bos yang baru dan juga former technical yang baru dari Ferrari dan McLaren, jadi kombinasinya sangat menentukan bagi Manor untuk mudah-mudahan bisa mengalahkan beberapa tim papan tengah," tukas Rio.

"Target saya nanti adalah bisa dapat poin, itu target pertama dan untuk saat ini saya juga masih belum bisa menyebutkan seberapa cepat mobilnya. Tapi yang jelas memiliki potensi yang besar untuk bisa step up," ungkapnya.

NASIONAL
Tersedia 10 Ribu Kuota, Simak Cara Daftar Mudik PLN Bersama BUMN dan Jadwal Keberangkatannya 

Tersedia 10 Ribu Kuota, Simak Cara Daftar Mudik PLN Bersama BUMN dan Jadwal Keberangkatannya 

Minggu, 17 Maret 2024 | 14:14

Jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, PT PLN (Persero) bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar program 'Mudik Asyik Bersama BUMN'.

KAB. TANGERANG
Jadwal SIM keliling Selasa 19 Maret 2024 di Kabupaten Tangerang 

Jadwal SIM keliling Selasa 19 Maret 2024 di Kabupaten Tangerang 

Selasa, 19 Maret 2024 | 05:52

Sat Lantas Kabupaten Tangerang telah mengumumkan jadwal layanan SIM keliling untuk Selasa, 19 Maret 2024.

AYO! TANGERANG CERDAS
Gen Z Makin Ogah Nonton TV, Undira Gelar Talk Show Soal Tantangan Industri Penyiaran

Gen Z Makin Ogah Nonton TV, Undira Gelar Talk Show Soal Tantangan Industri Penyiaran

Rabu, 6 Maret 2024 | 12:51

Universitas Dian Nusantara (Undira) menggelar talkshow mengusung tema “Peluang dan Tantangan Industri Penyiaran"

BISNIS
5 Alasan Mengapa Bitcoin Banyak Digunakan Sebagai Metode Transaksi

5 Alasan Mengapa Bitcoin Banyak Digunakan Sebagai Metode Transaksi

Senin, 18 Maret 2024 | 09:19

Di Indonesia, harga Bitcoin hari ini sering kali menjadi sorotan utama, mengungguli berita tentang peran Bitcoin dalam transaksi sehari-hari. Hal ini bisa dimengerti mengingat Bitcoin belum diakui sebagai alat pembayaran resmi di negeri ini.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill