Connect With Us

Mengenal Cabang Olahraga Modern Petathlon

Mohamad Romli | Kamis, 23 Agustus 2018 | 18:19

| Dibaca : 2406

Arena anggar untuk cabor modern pentathlon di SMA Adria Pratama Mulya, Tigaraksa, Kamis (23/8/2018). (TangerangNews.com/2018 / Mohamad Romli)

TANGERANGNEWS.com-Perhelatan Asian Games ke-18 telah dimulai sejak 18 Agustus 2018. Sebanyak 40 cabang olahraga (cabor) dipertandingkan di ajang olahraga terbesar se-Asia ini, salah satunya cabor modern pentathlon.

Pertandingan cabor ini akan dilaksanakan di SMA Adria Pratama Mulya, Desa Tapos, Tigaraksa pada Jumat (31/8/2018) dan Sabtu (1/9/2018).

Sembilan negara akan turut serta, diantaranya Indonesia, Jepang, China, India, Kazakhstan, Hongkong, Thailand, Kyrgyzstan, dan Korea dengan 34 atlet, 38 official dan 42 juri atau wasit yang akan terlibat dalam pertandingan salah satu olahraga unik tersebut.

Keunikan modern pentathlon dikatakan Kapolda Banten Brigadir Jenderal Polisi Teddy Minahasa karena cabor ini memadukan lima olahraga sekaligus, diantaranya anggar, renang gaya bebas 200 meter, berkuda palang rintang dengan 15 lompatan, menembak dengan laser, dan lari lintas alam sejauh 3.200 meter.

“31 Agustus untuk game times-nya atlet pria dan 1 September untuk game time-nya atlet wanita,” kata Teddy.

Disarikan TangerangNews.com dari berbagai sumber, cabang olahraga ini terinspirasi oleh pancalomba tradisional yang diadakan selama Olimpiade kuno; karena pertandingan-pertandingan awal bermotif pada keterampilan yang dibutuhkan oleh seorang prajurit Yunani yang ideal di jaman itu, modern pentathlon juga berpola sama pada pertandingan-pertandingan yang mewakili keterampilan yang dibutuhkan oleh pasukan berkuda di belakang garis musuh.

Dalam sejarahnya, pentatlhon telah dipertandingkan sejak olimpiade di Stockholm tahun 1912. Saat itu, pentathlon memadukan lima olahraga diantaranya lompat jauh, lempar lembing, lempar cakram, lari, dan gulat.

Pada saat olimpiade di Beijing tahun 2009 silam, pentathlon berubah nama menjadi modern pentathlon seiring dengan berubahnya lima olahraga yang dipertandingkan.

Indonesia baru pertama kalinya mengirimkan atlet pelatnasnya untuk bertanding di cabor ini pada Asian Games ke-18, meskipun olahraga yang diciptakan Pierre de Coubertin (Bapak olimpiade modern) telah beberapa kali dipertandingkan di Asian Games.(RAZ/HRU)

BISNIS
Es Teler 77 hadirkan Frozen Food, Ready To Eat, Ready To Cook & Catering

Es Teler 77 hadirkan Frozen Food, Ready To Eat, Ready To Cook & Catering

Kamis, 16 April 2020 | 12:55

TANGERANGNEWS.com–Di tengah pandemi COVID-19, Es Teler 77 hadir dengan solusi makanan Frozen Food, Ready To Eat, Ready To Cook dan Catering

AYO! TANGERANG CERDAS
UN di Kota Tangerang Ditiadakan, Try Out Tetap Jalan

UN di Kota Tangerang Ditiadakan, Try Out Tetap Jalan

Kamis, 2 April 2020 | 13:44

TANGERANGNEWS.com–Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP negeri maupun swasta di Kota Tangerang ditiadakan. Namun, try out atau uji coba tetap diselenggarakan

NASIONAL
COVID-19 Ubah Opini Publik Soal RUU Ciptaker

COVID-19 Ubah Opini Publik Soal RUU Ciptaker

Jumat, 29 Mei 2020 | 13:55

TANGERANGNEWS.com-Ketika wabah COVID-19 terdeteksi dan makin menyebar di Indonesia, banyak isu di media teralihkan. Tapi perbincangan tentang RUU Cipta Kerja (Ciptaker) yang sebelumnya didominasi berita penolakan, tampak berubah

PROPERTI
Milenial jangan Piknik saat Pandemik, Lebih Baik Invest Properti yang Turun Harga

Milenial jangan Piknik saat Pandemik, Lebih Baik Invest Properti yang Turun Harga

Kamis, 14 Mei 2020 | 22:03

TANGERANGNEWS.com- Properti masih menjadi sektor yang akan tumbuh di masa pandemi saat ini.

"Belajar dari hari kemarin, hiduplah untuk hari ini, berharaplah untuk hari esok "

Albert Einstein