Connect With Us

Drawing Piala Dunia U-20 Dibatalkan, Indonesia Terancam Kena Sanksi FIFA Imbas Tolak Timnas Israel

Fahrul Dwi Putra | Senin, 27 Maret 2023 | 12:50

Jersey tim nasional Indonesia (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Kabar mengejutkan datang dari dunia sepak bola tanah air lantaran rencana pembagian grup (drawing) negara peserta Piala Dunia FIFA U20 pada 31 Maret 2023, batal dilaksanakan.

Proses drawing tersebut awalnya akan digelar di Kota Denpasar, Bali. Namun, Gubernur Bali Wayan Koster serta sejumlah pihak dari partai politik seperti PKS dan PDIP justru menolak kedatangan tim nasional (timnas) Israel untuk ikut bertanding dala Piala Dunia FIFA U-20 di Indonesia.

Akibatnya, FIFA selaku induk sepak bola dunia membatalkan rencana drawing tersebut diduga akibat penolakan timnas Israel oleh Gubernur Bali itu sendiri.

Sehingga menurut FIFA, hal itu sama dengan tidak adanya garansi dari pemerintah Provinsi Bali terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Padahal, Gubernur Bali telah menyetujui Government Guarantee untuk menjadi salah satu tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-20 termasuk didalamnya Drawing Piala Dunia U-20.

Menimbang hal tersebut Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), telah berupaya menyiapkan langkah antisipasi untuk kemungkinan terburuk seperti dilansir dari laman resmi PSSI, Senin 27 Maret 2023.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga mengatakan, Indonesia berpotensi terkena sanksi dari FIFA sehingga sepak bola tanah air akan dikucilkan dari mata dunia.

Terkait kondisi tersebut, Arya menyatakan pihaknya melalui Ketua Umum PSSI Erick Thohir akan melakukan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan Kemenpora.

“Ketua umum juga akan melaporkan kepada Bapak Presiden pada kesempatan pertama untuk mencari solusi untuk semua ini baik secara diplomasi maupun politik luar negeri untuk bagaimana menyelamatkan sepakbola Indonesia yang kita cintai,” ujar Arya.

Meski dalam situasi terancam, Arya mengimbau seluruh pecinta sepak bola Indonesia agar tetap tenang karena pihak PSSI tengah berupaya memikirkan solusi yang tepat.

“Kami akan mencoba mencari solusi yang terbaik. Sepakbola Indonesia harus kita selamatkan bersama sama,” katanya.

Seperti diketahui, Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, tetapi hal tersebut terancam batal. Melansir dari bolasport.com, pihak Asosiasi Sepak bola Argentina (AFA) telah menawarkan diri untuk menggantikan Indonesia.

"Asosiasi Sepak Bola Argentina telah mengajukan diri sebagai tuan rumah baru untuk turnamen pemuda tersebut. Seandainya Indonesia secara definitif dibatalkan," tulis TyC Sports media asal Argentina.

Hingga kini, belum ada keterangan resmi apakah Indonesia benar-benar batal atau tetap dipertahkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

SPORT
Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Jumat, 26 April 2024 | 09:21

Tim Nasional (Timnas) Indonesia sukses mencetak sejarah lolos ke semifinal Piala Asia U-23 usai menumbangkan Korea Selatan, yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat, 26 April 2024, dini hari.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill