Connect With Us

Trans Anggrek Tangsel Bisa Tambah Kesemerawutan

Denny Bagus Irawan | Jumat, 30 Januari 2015 | 19:05

Trans Anggrek (Sumber Tempo / TangerangNews)

TANGSEL-Pengguna angkutan massal di tujuh kecamatan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) minta Pemkot setempat hendaknya melakukan survei dan pendataan terlebih dulu sebelum jalur Trans Anggrek Circle Line berfungsi. Pasalnya, sebagian jalan yang akan dipergunakan tak memadai untuk dilintasi bus tersebut.

“Harusnya ada survei dan pendataan awal terlebih dulu sebelum uji coba dilaksanakan untuk bus Trans Anggrek ukuran ¾ karena akan menambah kesemerawutan di sejumlah ruas jalan yang ada,” kata Cecep, warga Pamulang.

Menurut dia, hampir sebagian besar lebar jalan yang akan dilintasi Trans Anggrek khususnya di Koridor 2 terlalu sempit sehingga bakal menimbulkan kemacetan dan antrean kendaraan. “Jalan yang ada terlalu sempit dan perlu diperlebar sebelum bus tersebut diluncurkan Pemkot Tangsel,” ujarnya.

Hal senada dikatakan Kadir, warga Ciputat, yang menilai rencana penggunaan angkutan massal Trans Anggrek yang rencananya melintasi delapan koridor atau jalan di sejumlah jalan utama di Kota Tangsel perlu dievaluasi di beberapa titik jalan.

“Tak hanya jalan kebanyakan terlalu kecil atau sempit tapi beberapa jalan yang ada juga banyak pohon pelindung yang cukup besar sehingga mengganggu bus tersebut melintas di ruas koridor yang ada,” tuturnya yang berharap Pemkot Tangsel hendaknya memperlebar badan jalan terlebih dulu sebelum bus tersebut dipergunakan.

Menanggapi keluhan dan permintaan warga atau pengguna jalan di Kota Tangsel, salah satu petugas Polsek Pamulang Ajun Komisaris (AKP) Nurcholis, mengatakan untuk ruas jalan koridor 2 atau Jl. H. Rais, Pamulang terlalu sempit sehingga akan bersingungan dengan sejumlah perempatan dan kendaraan warga lainnya.

“Yang jelas akan terjadi kemacetan dan antrean kendaraan jika bus Trans Anggrek dipaksakan beroperasi di ruas jalan ini,” tuturnya yang menambahkan tak hanya itu tapi jalur tersebut juga bersingungan dengan empat rute atau trayek angkutan kota (Angkot) yang ada.

Kepala Bidang Angkutan di Dishubkominfo Kota Tangsel, Wijaya Kusuma, menambahkan Jl. H. Rais merupakan usulan dari Smart Tangsel dan jelas bersingungan dengan trayek Angkot serta terlalu sempit. “Bus ini tak bisa dipaksanakan lewat jalur ini dan harus ada alternatif lain dan perlu dibahas ulang dengan instansi terkait lainnya,” tuturnya.

Sebelumnya memang jajaran Pemkot Tangsel akan meluncurkan bus Trans Anggrek dalam tahun 2015 ini di delapan koridor yang telah disiapkan antara lain melintasi Terminal Pondok Cabe – Jalan Agus Salim – Jalan RE Martadinata – Jalan Pajajaran – Jalan Siliwangi – Kampus ITI -Jalan Puspiptek – Jalan Taman Tekno – Jalan Buaran Rawa Buntu dan Terminal Intermoda Rawa Buntu (kereta api).
 
 
BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

BANDARA
6 April Puncak Arus Mudik Lebaran di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 188.795 Penumpang

6 April Puncak Arus Mudik Lebaran di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 188.795 Penumpang

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:54

Arus mudik di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang akan berlangsung selama 18 hari tanggal 3-18 April 2024.

KOTA TANGERANG
Polsek Karawaci Beri Santunan dan Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piatu

Polsek Karawaci Beri Santunan dan Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piatu

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:47

Polsek Karawaci, Polres Metro Tangerang Kota, menggelar acara buka puasa bersama dan santunan anak yatim-piatu, dalam upaya mempererat hubungan antara Kepolisian dengan masyarakat setempat.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill