Connect With Us

VIDEO : 35 Tahun Risol Ceu Empit Jadi Makanan Khas Berbuka Puasa Kota Tangerang

 

Dibaca : 272

TANGERANGNEWS.com-Kota Tangerang memiliki beragam menu berbuka puasa, namun ada satu makanan khas dan hanya dapat dijumpai saat bulan suci Ramadan, yakni risol Ceu Empit atau biasa disebut risol Ramadan.

Risol berisi sayuran ini diburu warga Kota Tangerang dan sekitarnya, karena memiliki rasa berbeda dengan risol pada umumnya dan dilengkapi dengan sambal asam manis.

Dapur risol Ceu Empit ini dapat dijumpai di Jalan Cikepu, Kawasan Kali Pasir, Belakang Pasar Lama, Kelurahan Sukasari, Kota Tangerang.

Aktivitas produksi telah dimulai sejak pagi hari. Risol diracik langsung oleh Hafifah Rais atau akrab disapa Ceu Empit yang telah telah memulai usaha sejak 35 tahun silam. Dalam produksi, Ia dibantu adik dan keponakannya.

Mulai dari pembuatan kulit risol dari tepung yang telah diberikan bumbu, hingga mengisinya dengan sayuran berupa kentang dan wortel. Lalu risol digoreng hingga keemasan.

Kuliner risol yang dijual seharga Rp3.000 per pcs ini, menjadi menu khas berbuka puasa. Karena selain hanya dapat ditemui pada bulan suci Ramadan, risol Ceu Empit ini dijual setiap hari Senin saja, untuk memenuhi permintaan warga yang menjalani puasa sunnah.

Dalam satu hari Ceu Empit mampu memenuhi permintaan risol sebanyak 600 hingga 1000 pcs dan produksi hanya berdasarkan pesanan, sehingga terkadang tidak melayani pembelian di tempat. Keuntungan bersih yang didapat bisa mencapai Rp800 ribu per hari.

Konsumen risol Ramadan ini berasal tidak hanya dari Kota Tangerang, namun ada juga dari daerah sekitar seperti Kota Tangsel dan Kabupaten Tangerang.

Semenatra itu, kenaikan harga minyak goreng dan bahan baku lain membuat risol Ceu Empit diperkecil ukurannya. Hal tersebut untuk mensiasati dampak kerugian karena tidak menaikkan harga dan agar tidak dikeluhkan konsumen.

Nunung salah satu pembeli mengaku ada perbedaan rasa risol Cue Empit dengan risol pada umumnya, yakni gurih renyah karena dilapisi tepung saat menggoreng, serta sambal asam pedas yang menggugah rasa saat berbuka puasa.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

KAB. TANGERANG
Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Jumat, 19 April 2024 | 16:30

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akhirnya membongkar ratusan lapak pedagang di Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, setelah sempat dihadang, Jumat 19 April 2024.

TEKNO
Waspada Penipuan Modus Surat Tilang Elektronik Palsu, Kenali Bedanya 

Waspada Penipuan Modus Surat Tilang Elektronik Palsu, Kenali Bedanya 

Sabtu, 20 April 2024 | 13:46

Penipuan dengan modus surat tilang elektronik palsu masih marak terjadi, terutama pascaarus mudik dan balik Lebaran 2024.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill