Connect With Us

28 Rumah Warga Miskin Tangsel Dibedah

Bastian Putera Muda | Minggu, 9 Februari 2014 | 18:53

Salah satu rumah yang dibedah di Tangsel rusak meski baru direnovasi (Dens Bagoes Irawan / TangerangNews)


TANGSEL-Meski pengumpulan zakat pada 2013 tidak melampaui target, namun sebanyak 28 rumah warga miskin di Kota Tangerang Selatan (Tangsel)  akan tetap dibedah untuk direnovasi.

 Pembedahan rumah warga tak mampu tersebut akan dilakukan Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA) Kota Tangsel pada tahun ini. Menurut Ketua BAZDA Tangsel Endang Syarifudin,  renovasi rumah tersebut  merupakan hasil pengumpulan zakat selama 2013.

 ”Sebenarnya tidak melampaui target sebesar Rp 3 miliar. Namun, realisasi yang didapat sebesar Rp. 2,5 miliar. Tetapi tetap kami akan salurkan untuk bedah rumah, meng-gaji guru TPA, beasiswa untuk anak tidak mampu serta renovasi musala," ucapnya.

 Dikatakan, untuk bedah rumah pihaknya saat ini masih melakukan  survei ke lokasi untuk memastikan jika bantuannya tersebut  tidak salah sasaran. Untuk itu, pihaknya telah membuat tim yang  disebar ke lokasi bedah rumah.

"Biasanya kami koordinasi dengan kelurahan. Rumah warga mana  saja yang tidak mampu akan kami bantu," katanya.   
 Menurutnya sebanyak 28 rumah warga kurang mampu atau dhuafa  yang akan dibantu untuk perbaikan. Anggaran bedah rumah  tersebut diserahkan ke pihak kelurahan tempat warga kurang mampu  berdomisili. Guna bantuan itu tepat sasaran, pihaknya ,kata dia, akan benar-benar menyeleksi rumah warga yang akan diperbaiki.

 Menurut dia, sasaran program 2014 ini sesuai dengan visi  BAZDA,  yakni layak kesehatan, layak makan, layak tempat tinggal  dan layak keilmuannya. Untuk itu, BAZDA Kota Tangsel akan  memprioritaskan sasaran program yang sesuai dengan visi misi  tersebut.
 "Untuk bedah rumah, syarat sasaran harus punya tanah, rumah tidak layak huni dan pemiliknya kaum dhuafa," terangnya.

 Sedangkan untuk besaran bantuan untuk bedah rumah, Endang mengaku,   tergantung kondisi rumah yang akan diperbaiki. Adapaun kisaran  anggaran untuk bedah rumah sebesar Rp 7,5 juta untuk setiap rumah.

 "Setiap kecamatan sebanyak empat rumah warga. Kota Tangsel kan  ada tujuh kecamatan, jadi keseluruhan ada 28 rumah,"terangnya.
 
Sementara, untuk pengumpulan zakat di 2014 ditargetkan sebesar Rp 4 miliar. Meskipun pengumpulan zakat belum maksimal karena  erkendala Perda zakat. Pihaknya sudah menyiapkan draft Rancangan Perda untuk dibahas dengan DPRD Kota Tangsel.
"Kedepan kalau Perda zakat sudah disahkan. Saya optimis pengumpulannya  akan lebih maksimal," tuturnya.
 
Sebelumnya: :
Duh! Rumah Warga Hasil Bedah Rumah Pemkot Tangsel Roboh
KOTA TANGERANG
Sosok Arief R Wismansyah Dinilai Calon Kuat Gubernur Banten

Sosok Arief R Wismansyah Dinilai Calon Kuat Gubernur Banten

Sabtu, 20 April 2024 | 12:47

Sosok Arief R Wismansyah tidak asing lagi bagi warga di provinsi Banten, apalagi di wilayah Tangerang. Kepemimpinannya dalam menahkodai Kota Tangerang dikenal luas publik.

KAB. TANGERANG
Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Jumat, 19 April 2024 | 16:30

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akhirnya membongkar ratusan lapak pedagang di Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, setelah sempat dihadang, Jumat 19 April 2024.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill