Connect With Us

Walikota Depok Study Banding ke Pasar BSD

| Rabu, 9 September 2009 | 18:23

TANGERANGNEWS- Menjelang rencana pembangunan pasar tradisional modern Depok, Pemkot Kota Depok melakukan studi banding ke Pasar Bumi Serpong Damai (BSD) di Kota Tangerang Selatan, Banten, Rabu (9/9). Rombongan yang dipimpin Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail tiba di pasar tradisional BSD sekitar pukul 13.00 WIB. Ikut dalam rombongan, Plt Sekda Kota Depok Utuh Karang Topanesa, Asisten Daerah ekonomi dan pembangunan Sosial Drs. Harris, Dinas Bina Marga dan Dinas Tata Ruang dan pemukiman Kota Depok. “Pasar BSD dipilih sebagai sasaran studi banding karena pasar tradisional ini memiliki sentuhan modern yang begitu dinamis serta manajemen pengelolan yang baik,” tutur Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail kepada Wartawan. Menurut Walikota, yang membedakan pasar dan tradisional dan modern, yakni pada pasar tradisional pembeli bertatap muka langsung dengan pembeli dan memungkinkan terjadinya tawar menawar. Selain itu, komoditas yang dijajakan merupakan milik sekumpulan pedagang. Sedang pasar modern, pembeli memilih sendiri barang yang hendak dibeli, dan membayarnya di kasir tanpa bisa menawar. Ciri pasar modern yakni, seluruh barang dagangan itu merupakan jualan satu orang atau kelompok. Perbedaan lain lanjut Walikota, ,pasar tradisional selalu dikesankan semrawut, becek, kumuh dan bau. Yang modern biasanya nyaman, bersih, aman. “Pemkot Kota Depok ingin nantinya pasar tradisional yang akan dibangun menjadi pasar dengan suasana pasar modern,” ujarnya. Pemkot Depok melakukan study banding ini untuk mempelajari dan mengetahui sejauh mana pengelolan pasar BSD, yakni manajemen yang meliputi keamanan, kebersihan, ketertiban dan kesararan pedagang serta pembeli. Mengenai kesadaran yang menonjol di lingkungan pedagang di BSD, yakni pedagang dengan inisitatif sendiri membayar retribusi berkala ke sebuah loket bank yang di kompleks pasar itu. Hasilnya, tidak ada petugas yang mutar-mutar di seluruh penjuru pasar untuk memungut setoran retribusi. “Pasar BSD juga sudah ditetapkan sebagai model pasar tradisional yang memiliki Sertifikat oleh Menteri Perdagangan. Pemkot yang hendak studi banding mengenai manajemen pasar disarankan ke pasar BSD,” Kata Walikota.(Dedi)
TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

KOTA TANGERANG
Simak Daftar 25 Cabang Olahraga dalam POPDA XI Banten di Kota Tangerang 

Simak Daftar 25 Cabang Olahraga dalam POPDA XI Banten di Kota Tangerang 

Jumat, 26 April 2024 | 14:27

Sebanyak 25 cabang olahraga (cabor) akan dipertandingkan dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI Banten, yang berlangsung di Kota Tangerang pada8 Juni 2024 mendatang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill