Connect With Us

43.768 Warga Tangsel Belum e-KTP

Bastian Putera Muda | Rabu, 22 Oktober 2014 | 20:22

| Dibaca : 2267

Pelayanan e-KTP di Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang (Dira Derby / TangerangNews)


 
SERPONG-Meski sudah empat bulan lakukan  perekaman. Namun, sebanyak 43.768 warga di Kota Tangsel belum menerima fisik Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El). 
 
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) meminta kesadaran warga untuk mendatangi kantor kelurahan dan kecamatan setempat. Kepala Bidang Kependudukan Disdukcapil Kota  Tangsel, Heru Sudarmanto mengatakan, dari 
717.611 warga Kota Tangsel yang wajib memiliki KTP-El yang sudah melakukan perekaman hingga 30 Juni 2014, yang sudah tercetak dan teretribusi baru 659.317. 
 
"Masih ada selisih 43.768 warga yang sudah  Merekam. Namun bentuk fisik e-KTP-nya belum diterima," ungkapnya, Rabu (22/10).
 
Dikatakan, jumlah warga yang belum menerima bentuk fisik e-KTP tersebut lantaran adanya duplicate record atau satu warga yang melakukan rekam KTP di dua tempat berbeda, sehingga data yang dikirimkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tentang orang tersebut langsung otomatis terhapus karena double data.
 
"Jumlah warga yang duplicate record ini  sebanyak 12.779 orang. Selain itu, adanya gagal validasi atau adanya beberapa elemen data yang tidak sah atau diragukan, jumlahnya mencapai 875 orang," ujarnya.
 
Menurutnya selain itu, penyebab warga yang  belum menerima KTP-El adalah karena mesin yang menolak. Sebabnya karena adanya kegagalan giometrik sebanyak 872 orang.
 
"Warga Tangsel yang belum menerima e-KTP sudah dilaporkan ke Kemendagri. Sehingga, bisa segera mungkin warga melakukan pembenahan atau memperbaiki data KTP elektroniknya," katanya.
 
Kepala Disdukcapil Kota Tangsel Toto Sudarto menuturkan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar warga segera mendapatkan bentuk fisik e-KTP. 
 
"Kami himbau kepada petugas di kantor Kecamatan dan Kelurahan untuk menyampaikan kepada RT/RW, untuk memperbaiki data KTPnya. Khususnya untuk  yang duplicate record," terangnya.
 
NASIONAL
Sekolah Tatap Muka Dimulai Juli 2021

Sekolah Tatap Muka Dimulai Juli 2021

Jumat, 26 Februari 2021 | 11:40

TANGERANGNEWS.com-Setelah sempat dibatalkan, proses pembelajaran tatap

KOTA TANGERANG
Wow, Baju Bekas Ini Harganya Rp10 Juta di Tangerang Collecthrift Bale Kota

Wow, Baju Bekas Ini Harganya Rp10 Juta di Tangerang Collecthrift Bale Kota

Minggu, 7 Maret 2021 | 18:59

TANGERANGNEWS.com-Event Tangerang Collecthrift di Mall Bale Kota, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Tangerang memamerkan berbagai baju bekas model vintage. Namun siapa sangka baju-baju tersebut ada yang bernilai fantastis

SPORT
Soma Atmaja Jadi Ketua Pengcab Taekwondo Kabupaten Tangerang

Soma Atmaja Jadi Ketua Pengcab Taekwondo Kabupaten Tangerang

Senin, 26 Oktober 2020 | 09:47

TANGERANGNEWS.com-Soma Atmaja terpilih sebagai Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) Taekwondo Indonesia (TI) Kabupaten Tangerang periode 2020-2024. Dia menggantikan Achmad Taufik yang telah habis masa jabatannya

"Cara terbaik untuk memprediksi masa depan Anda adalah dengan menciptakannya."

Abraham Lincoln