Connect With Us

Kota Tangsel Rawan Longsor

| Minggu, 27 September 2009 | 18:27

TANGERANGNEWS-Sejumlah kawasan pemukiman di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), terutama yang berada di sepanjang Jalan Surya Kencana dan Jalan Raya Puspitek, rawan longsor. Kontur tanah yang naik turun dan pebukitan yang berada persis di atas atau disamping pemukiman, membuat warga di sana banyak yang menjual rumah dan memilih pindah ke wilayah lain. Terlebih pasca tragedy maut jebolnya tanggul Situ Gintung. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel, Rahmat Suhendar membernakan hal tersebut. Menurutnya, meski sampai kini pihaknya belum pernah melakukan pemeriksaan mendalam atas kondisi kontur tanah di sejumlah kawasan rawan longsor dimaksud, khususnya dikawasan Situ Gintung, namun tak ada salahnya bila warga selalu bersikap waspada. “Dilihat secara kasat mata, kemungkinan longsor masih tetap akan terjadi. Oleh karenanya, lebih baik warga bersikap lebih wasapda. Terlebih dimasa-masa musim penghujan,” katanya saat bertemu TANGERANGNEWS di Kota Tangerang. Selain kontur tanah yang tidak stabil karena model tanah yang berbukit, banyak juga lokasi tebing yang dijadikan tempat pembuangan sampah oleh masyarakat. “Kondisi ini tentu sangat membahayakan keselamatan warga yang ada disekitarnya,” kata Rahmat Suhendar. Kedepan, lanjut Rahmat, pihaknya tidak akan mengeluarkan izin kepada pengembang yang tidak memperhatikan keselamatan pembeli rumah. Dan, bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada warga atas kondisi itu, tentunya developer harus bertanggungjawab. Sebagai langkah antisipasi longsor, saat ini pihaknya bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Kebersihan, bersamamenggalang himbauan besar-besaran agar masyarakat bersikap lebih waspada. Kampanye waspada longsor dimaksud juga melibatkan para Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Ketua Rukun Warga (RT) yang ada di wilayah Kota Tangsel.(dira)
WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

KAB. TANGERANG
Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Jumat, 19 April 2024 | 16:30

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akhirnya membongkar ratusan lapak pedagang di Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, setelah sempat dihadang, Jumat 19 April 2024.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

KOTA TANGERANG
Pendatang Baru Wajib Tahu, Ini Syarat Urus Pindah Domisili ke Kota Tangerang

Pendatang Baru Wajib Tahu, Ini Syarat Urus Pindah Domisili ke Kota Tangerang

Jumat, 19 April 2024 | 18:40

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang mengimbau para pendatang yang ingin menetap di Kota Tangerang agar segera mengurus administrasi kependudukannya.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill