Connect With Us

Bahaya! BPOM Gerebek Ribuan Jamu Mengandung Bahan Kimia di Serpong

Denny Bagus Irawan | Kamis, 7 Mei 2015 | 17:28

Jamu-jamu yang dktemukan mengandung bahan kimia berbahaya di Serpong. (Dira Derby / TangerangNews)

TANGSEL-Penyidik dari Badan Pengawas Obat dan Makanan pusat berhasil menggerebek sebuah ruko yang menyimpan jamu mengandung bahan kimia berbahaya di Golden Boulevard BSD Blok G2 No.33 Serpong, Kelurahan Lengkong Karya, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangsel, Kamis (7/5).

Hasilnya, 7.000 jamu ilegal dari berbagai merk, madu klanceng, jamu tradisional jawa ayu, obat herbal pegel linu dan asam urang, serta jamu gali stamina pria, bahkan jamu mahkota dewa berhasil ditemukan, di dalam ruko tersebut.


Penggerebekan terhadap sebuah gudang penyimpanan jamu dan obat ilegal itu dipimpin  langsung  Hendri Siswandi, Kepala Pusat Penyidik BPOM. "BPOM melakukan penggerebekan gudang jamu dan obat ilegal ini didasari temuan-temuan di lapangan serta toko-toko jamu dimana cukup banyak jamu dan obat ilegal yang tidak terdaftar resmi di BPOM," katanya.

Hasil informasi tersebut, menurut Hendri, kemudian dilakukan penelusuran asal jamu dan didapati gudang yang digunakan sebagai tempat penyimpanan jamu ilegal itu adalah di Serpong.


"Obat-obatan dan jamu ilegal ini sangat berbahaya jika dikonsumsi dan digunakan oleh masyarakat, karena mengandung bahan kimia serta obat berbahaya, bukan bahan herbal seperti yang tertulis dikemasan jamu ilegal ini. Bahan kimia dan obat tidak boleh dikonsumsi langsung oleh masyarakat sehingga bisa dikatakan bahwa jamu ilegal ini berbahaya," tuturnya.


AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

KAB. TANGERANG
Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Jumat, 19 April 2024 | 16:30

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akhirnya membongkar ratusan lapak pedagang di Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, setelah sempat dihadang, Jumat 19 April 2024.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill