Connect With Us

Pemkab Tangerang gelar sayembara motif khas batik setempat

Advertorial | Jumat, 31 Juli 2015 | 20:01

Iskandar Mirsyad saat memperhatikan sejumalh hasil dari peserta sayembara. (Dira Derby / Tangerangnews)

TANGERANG-Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Tangerang menggelar lomba untuk membuat motif batik khas Daerah Kabupaten Tangerang. Kamis, (30/7).

 

Pemkab Tangerang berpendapat,  bahwa saat ini batik bukan hanya sekedar kain bergambar yang dapat  dibuat menjadi pakaian yang bisa dipakai sehari-hari. “ Akan tetapi lebih dari itu,  batik saat ini sudah menjadi identitas bangsa Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan Nonbendawi sejak 2 Oktober 2009 lalu.  Hal ini menandakan bahwa Batik sebagai salah satu budaya Bangsa Indonesia sudah mendapat pengakuan dunia,” ujar Sekda Kabupaten Tangerang Iskandar Mirsyad, di GSG Kabupaten Tangerang, kemarin.

 

 

Lebih lanjut Iskandar Mirsad menambahkan, Atas dasar inilah Pemkab Tangerang melalui Disporabudpar telah mengadakan sayembara untuk membuat motif batik yang memiliki ciri khas dan kental terhadap budaya di Kabupaten Tangerang.

 

"Saya berharap, moment sarasehan pemilihan motif batik Kabupaten Tangerang ini hendaknya dapat menumbuhkan kecintaan kita terhadap budaya dan kearifan lokal khususnya bagi para generasi muda.  Agar nantinya bukan hanya batik yang mendapatkan pengakuan dunia sebagai sebuah budaya bangsa,  melainkan akan ada budaya lainnya yang mendunia,"  terang Sekda.

 

Dalam laporannya Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata Kabupaten Tangerang  Saifullah mengatakan, dalam usia  menuju ke-72 Tahun sampai saat ini Kabupaten Tangerang belum memiliki motif batik yang menjadi ciri khas Kabupaten Tangerang.

 

“ Ini yang menjadi pemikiran utama kita dalam hal ini. Dan Insya Allah tahun 2016 kita sudah bisa menikmati hasli dari karya teman-teman kita, dan kita menjadi bangga karena memakai batik Kabupaten Tangerang,” terangnya.

 

Saat ini , pihaknya telah menyaring 20 motif batik dari 56 yang mengikuti sayembara motif batik Kabupaten Tangerang.

 

Dan dari 20   motif batik yang sudah diseleksi ini nantinya dapat kita pilih satu atau dua yang akan menjadi batik khas Kabupaten Tangerang. “Saya informasikan bahwa peserta lomba desain batik ini tidak hanya dari Kabupaten Tangerang saja tetapi juga ada beberapa peserta dari daerah Jawa Tengah," ucap Saifullah.

 

 

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

HIBURAN
Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Rabu, 27 Maret 2024 | 14:35

Baru-baru ini tengah viral di media sosial TikTok sebuah tren melihat tahun lama di aplikasi Google Maps.

KOTA TANGERANG
Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:01

Mayat berjenis kelamin Laki-laki tanpa identitas ditemukan di Sungai Cisadane, Kelurahan babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Kamis 28 Maret 2024, pagi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill