Connect With Us

Tangsel Jadi Kota Percontohan Koperasi Syariah

Putri Rahmawati | Kamis, 27 Agustus 2015 | 17:53

Logo Koperasi (Dira Derby / TangerangNews)

 

TANGERANG SELATAN-Banyaknya jumlah Koperasi Syariah yang berdiri di Tangsel, menjadi nilai plus dari Kabupateen/Kota yang ada Provinsi Banten. Pasalnya, Tangsel akan menjadi tuan rumah dalam Pembinaan workshop Koperasi Syariah se-Provinsi Banten.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel Warman Syanudin. "Tangsel paling banyak memiliki Koperasi Syariah yaitu 32 Koperasi Syariah yang sudah jalan. Akhirnya Provinsi memutuskan bahwa Tangsel bagus untuk dijadikan percontohan bagi Kabupaten/Kota yang lain dalam hal mengembangkan Koperasi Syariah sekaligus menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan pembinaan Workshop Koperasi Syariah,' ujar Warman, Kamis (27/8).

Warman menjelaskan, yang menjadi perbedaan Koperasi Syariah dengan Koperasi pada umumnya adalah ijab qobulnya. Misal, saat Koperasi Syariah diberi pinjaman dana sebesar Rp10 Juta, harus ada ijab qobul untuk apa diperuntukan dana pinjaman tersebut.

Adapun keuntungan harus dibagi rata, dan jika terdapat kerugian bukan hanya menjadi tanggung jawab si peminjam tapi yang meminjamkannya juga harus ikut bertanggung jawab."Yang membedakan adalah cara-cara syariah yang digunakan Koperasi Syariah," lanjutnya.

Selain itu, Warman mengatakan, rencananya Koperasi Syariah di Tangsel akan dikembangkan ke masjid-masjid yang ada di Tangsel. "Jadi, masjid-masjid di Tangsel tidak hanya sebagai tempat ibadah. Namun, bagaimana kita mencoba mendorong ekonomi kerakyataan syariah di masjid-masjid dapat tumbuh. Dan tahun ini kita akan berusaha kembangkan dari 32 Koperasi Syariah yang sudah ada menjadi 35 samapi 40 Koperasi Syariah," harapnya.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

KOTA TANGERANG
Simak Daftar 25 Cabang Olahraga dalam POPDA XI Banten di Kota Tangerang 

Simak Daftar 25 Cabang Olahraga dalam POPDA XI Banten di Kota Tangerang 

Jumat, 26 April 2024 | 14:27

Sebanyak 25 cabang olahraga (cabor) akan dipertandingkan dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI Banten, yang berlangsung di Kota Tangerang pada8 Juni 2024 mendatang.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill