Connect With Us

Jaksa Penuntut Prita Tak Miliki Bukti Valid

| Rabu, 21 Oktober 2009 | 18:34

TANGERANGNEWS-Saksi ahli bidang Informasi Teknologi (IT), Ruby Z Alamsyah, yang dihadirkan oleh tim kuasa hukum Prita Mulyasari, menyatakan kalau print out email yang mejadi barang bukti di persidangan tidak valid karena tidak memiliki integritas. Ruby menjelaskan, dalam kasus yang menyangkut dalam media elektronik seperti email harus ada barang bukti digital asli yang dijamin keutuhannya. Pasalnya, kata dia, barang bukti digital sangat rentan dipalsukan. “Kalau dalam sidik jari digitalnya diubah dengan mengilangkan satu titik atau spasi saja sudah tidak valid apalagi hasil print out yang tidak bisa dijamin keasliannya, karena bisa saja diubah sebelum di print,” ujarnya dalam sidang di Pengadilan Negeri Tangerang, hari ini. Menurut dia, untuk membuktikan keaslian email Prita, harus melakukan pemeriksan sidik jari digital terhadap komputer yang digunakan perama kali untuk mengirimkan email terebut. Kalaupun itu telah dihapus dari komputer, lanjut dia, dapat dikembalikan dengan cara recovery. “Barang bukti digital itu sangat penting karena akan menjadi bukti kuat dalam persidangan. Hal itu sudah menjadi standar intersanional,” terang Ruby. Sebelumnya, dia menilai salinan email yang dijadikan barang bukti di persidangan bukan kiriman langsung dari Prita. Email itu diduga hasil kiriman ulang oleh orang ke sekian dengan alamat akun email [email protected]. “Tidak menutup kemungkinan juga sudah dirubah,”paparnya.(rangga)
MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

NASIONAL
Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Kamis, 18 April 2024 | 12:51

PT Kereta Api Indonesia (Persero), atau KAI, tengah membuka rekrutmen terbaru untuk tahun 2024 dengan menawarkan lowongan kerja bagi lulusan S1 dari berbagai jurusan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill