Connect With Us

Bupati Tangerang Buka Uji Kopetensi Wartawan

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 25 November 2015 | 20:41

Uji kopetensi wartawan yang diadakan Bupati Tangerang (tangerangnews.com / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANG - Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar membuka secara resmi sosialisasi dan uji kompetensi wartawan yang di selenggarakan Dewan Pers dan PWI yang bertempat di Gedung Serba Guna Puspemkab Tangerang. Rabu, (25/11). 

Jaya Kurnia selaku Ketua Panitia Penyelenggara menjelaskan, standar kompetensi ini menjadi indikator profesionalitas wartawan sekaligus diperlukan untuk melindungi kepentingan publik.

Standar kompetensi ini juga untuk menjaga kehormatan pekerja wartawan itu sendiri, kemudian kompetensi wartawan.

Untuk memberikan pemahaman akan pentingnya standardisasi wartawan dalam menjalankan pekerjaannya. 

"Kegiatan ini merupakan penguatan internal bagi wartawan tentu implikasi dari sosialisasi dan uji kompetensi ini dapat mendorong peran Pers dalam pembangunan khususnya di daerah Banten, peserta sosialisasi kompetensi wartawan secara terbuka diikuti bukan saja oleh kalangan media, namun juga menyertakan kalangan akademisi mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di wilayah Tangerang," jelas Jaya. 

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Margiono disela-sela acara tersebut mengatakan, hubungan pemerintah daerah dengan kalangan wartawan yang baik otomatis akan berdampak positif memacu pembangunan setempat, karena adanya kerja sama pemerintah dan wartawan dalam menyampaikan informasi, akan menghasilkan berita berkualitas yang mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. 

"Yang tidak lulus ya jangan di luluskan, lebih baik bapak Bupati punya 20 wartawan tapi bagus dan kompeten, dari pada Pak Bupati punya wartawan 200 tapi tak berkualitas semua," ujarnya. 

Sementara  Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar dalam sambutan pembukaannya mengungkapkan, hubungan antara pemerintah daerah dengan wartawan/pers merupakan hubungan yang bersifat simbiosis mutualisme atau saling membutuhkan. 

Keduanya merupakan mitra setara yang saling membutuhkan walaupun peran atau fungsi, motif dan tujuan kegiatan masing-masing pihak saling berbeda. Keberadaan wartawan atau kalangan pers sangat dibutuhkan oleh pemerintah sebagai penyebar informasi untuk masyarakat terkait dengan segala sesuatu yang dilakukan oleh pemerintah setempat. 

"Selama ini, informasi yang disalurkan media massa mengenai pembangunan di Kabupaten Tangerang dapat dikatakan positif serta ikut serta mendukung pemerintah melalui pemberitaan baik dalam bentuk saran, maupun kritikan yang membangun, meskipun demikian tidak dapat dipungkiri, bahwa sering kali ada kendala dalam hubungan ini karena adanya perbedaan pendapat maupun cara pandang, yang merupakan suatu hal yang wajar dalam sebuah proses demokrasi, saya tidak anti kritik silahkan saja kritik asalkan itu kritik yang membangun," Kata Zaki. 
Hadir dalam acara tersebut, Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar, Kapolresta Tangerang Kombespol Irman Sugema, Kajari Tigaraksa Firdaus, Ketua Dewan Pers Pusat Prof. Bagir Manan, dan Ketua PWI Pusat Margiono.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

BANDARA
Hari Ini Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 190 Ribu Penumpang

Hari Ini Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 190 Ribu Penumpang

Senin, 15 April 2024 | 12:19

Puncak arus balik Lebaran 2024 di 20 bandara yang dikelola Angkasa Pura (AP) II diperkirakan terjadi pada Senin, 15 April 2024.

NASIONAL
1.835 Kendaraan Pemudik Lebaran 2024 Terlibat Kecelakaan

1.835 Kendaraan Pemudik Lebaran 2024 Terlibat Kecelakaan

Sabtu, 13 April 2024 | 09:24

Sebanyak 1.835 kendaraan terlibat kecelakaan selama arus mudik Lebaran 2024. Hal itu berdasarkan data kecelakaan lalu lintas dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill