Connect With Us

ICW Kaji Alokasi Dana Bansos dan Hibah Tangsel

Dena Perdana | Jumat, 27 November 2015 | 19:23

| Dibaca : 2300

Ade Irawan (memegang microphone) saat menjadi narasumber dalam acara semangat rakyat (Semar) di Serpong, Kota Tangsel, Jumat (27/11/2015). (Dira Derby / Tangerangnews)



TANGERANG
-Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Ade Irawan menyebutkan beberapa daerah di Indonesia yang ada indikasi penyalahgunaan alokasi dana hibah dan bantuan sosial atau bansos, salah satunya di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Yenny Sucipto menyinggung alokasi dana hibah dan bansos dalam anggaran Pemerintah Kota Tangerang Selatan tahun 2015 yang melonjak drastis.

"Kami sedang pelajari untuk di Tangsel, belum ditelusuri satu per satu. Kalau terbukti, ini sudah masuk ranah pidana. Kalau bicara pidana, yang tidak terkait pemilu pun tetap bisa dilaporkan," kata Ade di Serpong, Jumat (27/11/2015) sore.

Secara umum, menurut Ade, tren penyalahgunaan dana hibah dan bansos cukup marak terjadi di daerah-daerah di Indonesia, dengan perkiraan sebesar 95 persen.

Jika dikaitkan dengan pilkada, biasanya, dana hibah dan bansos sering meningkat dalam jumlah besar. Hal ini menjadi salah satu indikator keuntungan bagi petahana yang ikut serta dalam pilkada yang digelar di suatu daerah.

Dari data Fitra, ada dana hibah dan bansos yang cukup tinggi dialokasikan ke sejumlah lembaga kepemudaan dan keagamaan di Tangsel. Nominalnya pun beragam, mulai dari Rp 500 juta hingga Rp 5,6 miliar. Tercatat, ada 22 lembaga yang menerima dana hibah dan bansos tersebut.

SPORT
19 Juli MotoGP Kembali Digelar, Pebalap Ducati Malah Cedera

19 Juli MotoGP Kembali Digelar, Pebalap Ducati Malah Cedera

Selasa, 30 Juni 2020 | 09:59

TANGERANGNEWS.com-Setelah sempat terhenti oleh pandemi COVID-19, adu cepat kuda besi di sirkuti (MotoGP 2020) akan dimulai pada 19 Juli di

BANDARA
Penumpang COVID-19 Lolos di Bandara Soetta, Ini Kata KKP

Penumpang COVID-19 Lolos di Bandara Soetta, Ini Kata KKP

Jumat, 3 Juli 2020 | 11:11

TANGERANGNEWS.com-Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno Hatta (Soetta) semakin memperketat pengawasan pemeriksaan dokumen kesehatan calon penumpang

AYO! TANGERANG CERDAS
Ayah & Bunda, Tanamkan Sikap Kritis kepada Buah Hati Sejak Dini

Ayah & Bunda, Tanamkan Sikap Kritis kepada Buah Hati Sejak Dini

Sabtu, 4 Juli 2020 | 13:11

TANGERANGNEWS.com-Fase perkembangan anak membutuhkan pendampingan intens dari orang dewasa. Kemudahan mengakses internet membuat

BISNIS
Hadir Saat Pandemi, Kopikren015 Bagikan Kopi Gratis di Pondok Aren

Hadir Saat Pandemi, Kopikren015 Bagikan Kopi Gratis di Pondok Aren

Minggu, 28 Juni 2020 | 19:57

TANGERANGNEWS.com-Dengan menawarkan menu yang menarik, kedai kopi Kopikren015 hadir di kawasan Fresh Market Emerald Bintaro, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan

"Dengan Hidup yang Hanya Sepanjang  Setengah Tarikan Napas, Jangan Tanam Apapun Kecuali Cinta."

Jalaluddin Rumi