Connect With Us

Akses ke Bandara Soetta Macet, Dishub Tangerang Rencanakan Contra Flow

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 1 Mei 2016 | 18:00

Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. (@TangerangNews / Raden Bagus Irawan)

 

TANGERANG-Dinas Perhubungan Kota Tangerang akan menambah sistem kendali lalu lintas kendaraan atau auto traffic control system (ATCS) di sejumlah persimoangan kawasan Bandara Soekarnon Hatta. Hal ini untuk mengatasi kemacetan di wilayah tersebut.

 

"Ya usulan sudah ada, kemungkinan 2017 akan terpasang ATCS sekaligus CCTV nya. Kita akan pasang di kawasan Kecamatan Benda dan Bandara," ujar Kepala Dishub Kota Tangerang Engkos Zarkasi, Minggu (1/4/2016).

 

Menurutnya, penambahan ATCS ini perlu dilakukan untuk mengendalikan lalu lintas yang akan menuju atau keluar dari Bandara. Apalagi dengan mulai beroperasinya Terminal 3 Ultimate pada bulan Mei ini, akan menambah 1 juta penumpang.

 

"Yang menggunakan akses jalan juga pasti semakin banyak. Sekarang saja sering macet di kawasan Rawa Bokor. Kalau tidak diantisipasi dari sekarang nanti akan semakin parah," katanya.

Engkos menambahkan, saat ini sudah ada 32 persimpangan di Kota Tangerang yang dipasangi ATCS. Diantaranya Pusat Pemerintahan (Puspem), Tanah Tinggi, Benteng Betawi, Simpang PLN, Tangerang City, UNIS, TMP Taruna, Kodim, Grendeng dan Tanah Gocap. "Sistem ini dapat menghitung kepadatan pengguna jalan sehingga pengaturan lampu lalu lintas dapat disesuaikan dan dikendalikan melalui ruang pusat kontrol di Kantor Dishub," katanya.

 

Engkos menambahkan, sebelumnya Pemkot Tangerang menggelar Rapat Koordinasi (rakor) Manajemen Lalu Lintas di Wilayah Bandara dan Sekitarnya bersama dengan PT. Angkasa Pura II dan Pemkab Tangrerang. Hal ini berkaitan akan beroperasinya Terminal 3 Ultimate.

 

Dalam rapat tersebut, direncanakan untuk melakukan uji coba penerapan rekayasa lalu lintas di Jalan Perimeter Selatan dan Utara. Antara lain  dengan menutup akses dari Bandara ke Rawa Bokor untuk selanjutnya dialihkan ke jalan pergudangan kargo, dan juga penerapan contra flow ke arah Bandara dari Rawa Bokor.

 

KOTA TANGERANG
Viral Driver Taksi Online Todong Penumpang Minta Rp100 Juta, Kini Ditangkap Polisi

Viral Driver Taksi Online Todong Penumpang Minta Rp100 Juta, Kini Ditangkap Polisi

Jumat, 29 Maret 2024 | 09:07

Viral di media sosial pengakuan salah satu penumpang yang menjadi korban percobaan penculikan dan penodongan oleh oknum driver taksi online di salah satu ruas tol di wilayah Tangerang.

HIBURAN
Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Rabu, 27 Maret 2024 | 14:35

Baru-baru ini tengah viral di media sosial TikTok sebuah tren melihat tahun lama di aplikasi Google Maps.

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill