Connect With Us

45 Pencalang Amankan Nyepi di Tangsel

Yudi Adiyatna | Senin, 27 Maret 2017 | 18:00

Umat hindu mengadakan kegiatan Melasti sebelum memperingatan Hari Raya Nyepi yang jatuh Pada Hari Selasa, 28 Maret 2017 di Pura Parahyangan Jagat Guru, BSD Serpong - Tangsel, Senin (27/03/2017). (@TangerangNews.com 2017 / Yudi Adiyatna)

TANGERANGNEWS.com-Peringatan Hari Raya Nyepi yang dirayakan setiap tahun Baru Saka yang bertepatan jatuh pada Hari Selasa, 28 Maret 2017, berbeda dengan Perayaan Hari Besar Keagamaan lain yang dirayakan dengan meriah perayaan Nyepi justru dilakukan dengan menyepikan diri dari aktivitas.

Dewa Sanjaya, Katua Bamus Banjar Tangsel yang ditemui  TangerangNews.com di Pura Parahyangan Jagat Guru, BSD Serpong , Tangsel menerangkan,  tujuan utama Hari Raya Nyepi sebagai bentuk penyucian diri dan pertanggung jawaban kepada yang Maha Kuasa dalam menyambut datangnya Tahun Baru Saka.

Dewa  menambahkan, peringatan Nyepi sendiri terdiri dari beberapa rangkaian acara keagamaan. "Kemarin kami sudah melaksanakan Melasti, yakni upacara pembersihan diri dan sarana prasarana sembahyang yang ada di pura untuk di arak ke laut, itu kami lakukan di Pantai Tanjung Pasir Tangerang, hari ini kami melakukan Tawur Agung yang dipusatkan se Provinsi Banten di Pura Eka Ananta Serang," katanya.

 

Kegiatan yang dilakukan antara lain Pembersihan buana agung dan juga pawai Budaya pawai Ogoh-ogoh yang dihadiri pejabat Pemprov, Kanwil Kemenag, Dinas Pariwisata, MUI, FKUB, masyarakat hindu.

 

"Ada sekitar 3000 orang se-Banten umat Hindu yang hadir. Dan besok adalah puncak perayaan Nyepi semenjak pagi. Kami menyepikan diri di rumah masing-masing dari segala aktivitas keduniawian dan melaksanakan lima tapa brata penyepian," tuntasnya.

 

Total di Tangsel saat ini kami ada 45 orang pecalang yang ikut mengamankan perayaan Nyepi yang diikuti kurang lebih 750 Kepala Keluarga  Umat Hindu se Tangsel.

SPORT
Diikuti 36 Provinsi, Kota Tangerang Siap Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Gateball pada 26-28 April 2024

Diikuti 36 Provinsi, Kota Tangerang Siap Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Gateball pada 26-28 April 2024

Kamis, 25 April 2024 | 21:09

Kota Tangerang kembali didapuk sebagai tuan rumah perhelatan olahraga tingkat nasional. Kali ini adalah Kejuaraan Gateball 2024 yang digelar selama tiga hari yakni tanggal 26-28 April 2024, di Alun-alun Ahmad Yani, Kota Tangerang.

KOTA TANGERANG
Begini Kondisi Plaza Shinta Cimone Tangerang Usai Sempat Ditutup

Begini Kondisi Plaza Shinta Cimone Tangerang Usai Sempat Ditutup

Kamis, 25 April 2024 | 10:34

Plaza Shinta Cimone Kota Tangerang mulai kembali beroperasi usai sempat ditutup beberapa waktu lalu.

TANGSEL
300 Anak Kurang Mampu di Tangsel Dapat Bantuan Alat Sekolah

300 Anak Kurang Mampu di Tangsel Dapat Bantuan Alat Sekolah

Kamis, 25 April 2024 | 21:01

Sebanyak 300 anak kurang mampu di Kota Tangerang Selatan dapatkan bantuan alat tulis dan perlengkapan sekolah.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill