Connect With Us

Kena Pungli saat ajaran Baru? Yuk lapor ke SENDU

Yudi Adiyatna | Jumat, 28 April 2017 | 08:00

| Dibaca : 1154

Ilustrasi Pungli Sekolah (Istimewa / TangerangNews)

TANGERANGNEWS.com-Musim Tahun ajaran baru bagi siswa sekolah merupakan saat yang amat dinantikan oleh para siswa. Selain menjadi lompatan untuk naik ke tahapan (kelas) selanjutnya, juga biasanya menjadi saat yang menyenangkan untuk mereka bisa menikmati liburan sekolah sebelum memasuki ajaran baru.


Berbeda dengan siswa, Tahun ajaran baru bagi para orang tua terkadang menimbulkan kecemasan tersendiri.
Biasanya orangtua cemas, sebab dengan datangnya musim ajaran baru ada biaya-biaya pendidikan yang dikenakan bagi siswa agar bisa lanjut ke jenjang berikutnya .


Besar kecil biaya pendidikan yang dikenakan setiap ajaran baru bervariasi, ada sekolah yang mengenakan biaya pendidikan yang minimal atau sesuai dengan ketentuan, tapi terkadang banyak juga sekolah yang memungut biaya Pendidikan di luar dari angka kewajaran atau pungli.

Untuk itu, sebagian kelompok anak muda di Tangerang Selatan, yang terdiri dari organisasi TRUTH,IKASAKTI,KOHATI Pamulang, Korps Peduli Bangsa dan GEMA AKSI pada Rabu,27 April 2017 kemarin di Sekretariat TRUTH, Pamulang meluncurkan SENDU (Sentra Pengaduan Penerimaan Peserta Didik Baru).

Posko pengaduan bagi masyarakat yang ingin melaporkan adanya temuan Pungli atau hal-hal lain yang dianggap tidak sesuai dengan peraturan perundangan.

"Cara kerja program SENDU sendiri nantinya tiap tim anggota akan turun ke setiap sekolah melakukan pengawasan. Selain itu kami juga membuka pelaporan melalui SMS Gateway ke nomor 7281 dengan format TranparancyTangerang (spasi) (aduan)," tutur Oki Anda Awaludin, Pengurus TRUTH.

"Masyarakat juga bisa datang ke sekretariat kami untuk menyampaikan laporan pengaduan di Jalan Menteng Raya, Blok D1 No 20, Perumahan Griya Jakarta , Pamulang -Tangsel, atau melalui website tangerangtransparency.org/PengaduanPPDB," terang Oki.

Selain itu tiap laporan yang masuk ke SENDU juga akan kami teruskan ke aplikasi LAPOR! (aplikasi pengaduan masyarakat yang dikelola kantor staff kepresidenan)

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pendidikan Tangsel, Taryono ketika dihubungi TangerangNews.com menyambut baik adanya kerja-kerja pengawasan dalam memantau proses penerimaan siswa di Tahun ajaran baru.


"Saya menyambut baik program tersebut, untuk sama-sama kita meningkatkan layanan pendidikan di Tangsel," ujarnya. 

BANTEN
Mobil Avanza Nopol Jakarta 'Nyemplung' ke Laut

Mobil Avanza Nopol Jakarta 'Nyemplung' ke Laut

Selasa, 18 Juni 2019 | 19:59

TANGERANGNEWS.com - Mobil Avanza berplat nomor B 1087 CKB terjun bebas ( _nyemplung' ) ke laut dari KMP Nusa Putra di dekat Pulau Prajurit,

BISNIS
Melihat Aktivitas Perajin Tempe di Tangerang yang Omzet Perhari Capai Rp1 Juta

Melihat Aktivitas Perajin Tempe di Tangerang yang Omzet Perhari Capai Rp1 Juta

Selasa, 2 April 2019 | 19:09

TANGERANGNEWS.com-Para perajin tempe di lingkungan RT 03/02, Kelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang tampak begitu

KOTA TANGERANG
WH Sebut PPDB Belum Efektif

WH Sebut PPDB Belum Efektif

Selasa, 18 Juni 2019 | 15:34

TANGERANGNEWS.com-Gubernur Banten Wahidin Halim berbicara lugas terkait penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMA/SMK yang telah dimulai sejak kemarin.

"Jurnalisme, karena menyangkut pengumpulan informasi, sedikit berbeda dari pekerjaan intelijen. Dalam penilaian saya, pekerjaan seorang jurnalis sangat menarik."

Vladimir Putin (Presiden Rusia)