Connect With Us

Lestarikan Seni Tradisi, Pemkot Tangsel Gelar Festival Tandon Ciater

Yudi Adiyatna | Senin, 15 Mei 2017 | 07:00

| Dibaca : 1464

Silat Budaya Betawi dilestarikan Pemkot Tangsel melalui Festival Tandon Ciater, Minggu (14/5/2017). (@tangerangnews 2017 / Yudi Adiyatna)


TANGERANGNEWS.com-Upaya melestarikan seni dan budaya dilakukan  Pemkot Tangerang Selatan. Dinas Pariwisata Kota Tangerang Selatan untuk pertama kalinya menyelenggarakan Festival Tandon Ciater 2017.


Festival yang diselenggarakan sejak tanggal 13-14 Mei 2017 itu berhasil menyedot antusiasme ratusan masyarakat Tangsel untuk hadir dan turut memeriahkan festival tersebut.
Bermacam atraksi ditampilkan dalam rangka memeriahkan festival Tandon Ciater ini.  Diantaranya, pertunjukan silat yang dilakukan warga dari Vietnam dan Jepang. Ada juga tarian khas Tangerang Selatan atau Tarian Anggrek, atraksi silat dari 80 padepokan dan lenong hingga bermacam seni kebudayaan masyarakat Betawi yang ditampilkan hingga malam hari.

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany dalam sambutannya mengatakan, Pemkot Tangsel akan lebih memaksimalkan dan mempercantik keberadaan Tandon Caiter, “ Saya hadir disini untuk memperkenalkan Tandon Ciater ini, dimana fungsi tandon tidak hanya untuk penanggulangan banjir tapi juga sebagai pusat kegiatan seni budaya yang ada di Tangsel,".

Airin menjelaskan, di sekitar Tandon Ciater Tangsel akan ada kawasan pertanian terpadu yang akan menjadi destinasi wisata selanjutnya. Ia pun meminta Kepada Dinas terkait agar menambah spot foto di sekitar Tandon Ciater.

“Saya titip pesan kepada masyarakat agar tolong menjaga tandon Ciater ini, dijaga kebersihannya dengan membuang sampah pada tempatnya. Saya berharap tandon Ciater bisa menjadi tempat berkumpul dan panggungnya bagi pegiat seni budaya yang ada di Tangsel," kata Airin.


Kepala Dinas Pariwisata Tangerang Selatan, Chaerudin mengatakan, dirinya beserta jajaran dinas pariwisata Tangsel terus berbenah agar tandon ciater  tidak hanya menjadi tujuan wisata masyarakat lokal, tapi juga turis mancanegara.

“Festival Tandon Ciater akan kita selenggarakan setiap tahun , kedepan kami akan bekerja sama dengan investor swasta dan Peguruan Tinggi dalam mengembangkan destinasi-destinasi wisata lain yang ada di Tangsel,”ungkap Chaerudin.

MANCANEGARA
Malas Merawat, Ibu di China Dikubur Hidup-hidup Anaknya

Malas Merawat, Ibu di China Dikubur Hidup-hidup Anaknya

Minggu, 10 Mei 2020 | 10:24

TANGERANGNEWS.com-Nasib malang dialami seorang ibu di China. Dia dikubur hidup-hidup oleh sang anak lantaran enggan merawatnya. Beruntung dia berhasil selamat

TEKNO
Menristek Sebut Jambu Biji Tingkatkan Imunitas Hadapi COVID-19

Menristek Sebut Jambu Biji Tingkatkan Imunitas Hadapi COVID-19

Sabtu, 28 Maret 2020 | 18:40

TANGERANGNEWS.com-Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN), Prof Bambang PS Brodjonegoro, melalui

AYO! TANGERANG CERDAS
UN di Kota Tangerang Ditiadakan, Try Out Tetap Jalan

UN di Kota Tangerang Ditiadakan, Try Out Tetap Jalan

Kamis, 2 April 2020 | 13:44

TANGERANGNEWS.com–Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP negeri maupun swasta di Kota Tangerang ditiadakan. Namun, try out atau uji coba tetap diselenggarakan

WISATA
Pemkot Tangsel Sulap Bantaran Kali Mati di Jombang Jadi Destinasi Wisata

Pemkot Tangsel Sulap Bantaran Kali Mati di Jombang Jadi Destinasi Wisata

Sabtu, 25 Januari 2020 | 15:50

TANGERANGNEWS.com-Penataan kota terus dilakukan Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel). Sebuah bantaran kali mati di wilayah

"Belajar dari hari kemarin, hiduplah untuk hari ini, berharaplah untuk hari esok "

Albert Einstein