Connect With Us

Sampah Tangsel Dibuang di Cipeucang

Denny Bagus Irawan | Kamis, 4 Februari 2010 | 19:37

Penjabat Wali Kota Tangsel Shaleh MT (shaleh / tangerangnews/dens)

 

TANGERANGNEWS-Akhirnya sampah Tangerang Selatan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah, Cipeucang, kecamatan Serpong. "Sudah mulai dibuang di Cipeucang," ujar Kepala Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Tangerang Selatan Didi Supriadi Wijaya, Kamis (4/2).


Didi mengatakan, tempat itu belum sepenuhnya siap untuk menampung 600 kubik sampah Tangerang Selatan setiap harinya. Tapi itu terpaksa dilakukan karena wilayah itu tidak ada tempat pembuangan sampah. "Mau buang di mana kalau semua menolak," katanya. Dia berharap, kebijakan itu tidak akan memancing protes dari pihak-pihak terkait seperti warga sekitar. "Ini adalah salah satu solusi terbaik saat ini," ucapnya.

Terkait sejumlah tuntutan warga sekitar, kata dia, saat ini sedang dalam tahap pembahasan. Tempat pembuangan akhir Cipeucang merupakan tempat pembuangan akhir sampah sementara yang berlokasi di Serpong sekitar satu kilometer dari pasar Serpong. Lahan seluas 2,4 hektar itu awalnya hanya tempat pembuangan sampah pasar Serpong sejak dua puluh tahun lalu.
 


Berkembangnya wilayah dan jumlah penduduk yang semakin padat, berangsur-angsur tempat pembuangan itu dijadikan tempat pembuangan sampah permanen diwilayah Kabupaten Tangerang.

Menurut Didi, sambil menunggu teknologi pengolahan sampah moderen yang akan diterapkan di Cipeucang, sampah sementara ditumpuk terlebih dahulu. "Nantinya sampah di sana akan diolah dengan baik," janjinya.

Selain tidak punya tempat pembuangan, Tangerang Selatan juga mengalami masalah dalam hal sarana transportasi. Saat ini, kota baru hasil pemekaran Kabupaten Tangerang itu hanya memiliki sembilan armada pengangkut sampah. Jumlah itu masih sangat minim untuk mengangkut sampah ditujuh wilayah seperti Ciputat, Ciputat Timur, Serpong, Serpong Utara, Pamulang, Pondok Aren, dan Setu. "Sangat tidak mencukupi," kata Didi.

Tahun 2010 ini, Didi menambahkan, armada akan ditambah lima unit lagi. Meski jauh dari ideal, penambahan armada tersebut diharapkan mampu mengatasi permasalah sampah Tangerang Selatan. "Pastinya akan ditambah secara bertahap," katanya. (ti)
 

 

WISATA
Bulan Ramadan Ada Unjuk Rasa Umami Eats di Tangcity Mal

Bulan Ramadan Ada Unjuk Rasa Umami Eats di Tangcity Mal

Jumat, 29 Maret 2024 | 05:32

Memasuki bulan Ramadan banyak kegiatan-kegiatan digelar, salah satunya ialah Unjuk Rasa.

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

TANGSEL
Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:36

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten 2026 mendatang akan diselenggarakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

NASIONAL
Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:26

Kementerian Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) kembali membuka Rekrutmen Bersama BUMN 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill