Connect With Us

Belum Imunisasi Rubella? Yuk Bawa Buah Hati Anda Segera Sampai 14 Oktober

Yudi Adiyatna | Senin, 9 Oktober 2017 | 10:00

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany saat menyaksikan pemberian Imunisasi Vaksin Measles Rubella (MR) di SDN 01 Pamulang, Tangsel, Selasa (01/8/2017). (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Imunisasi Campak  Rubella sebagai   bagian dari program pemberian Imunisasi dasar lengkap yang diberikan  Kementrian Kesehatan terus digencarkan sosialisasinya kepada masyarakat.

Pentingnya Imunisasi Rubella bagi anak usia 9 bulan hingga 15 tahun ini karena hingga saat ini virus rubella tidak ada cara penanganan lain melalui obat-obatan selain melalui pemberian vaksin.

Vaksin campak rubela ini sendiri merupakan hasil dari dua kombinasi, yakni Vaksin Campak dan Rubella, sehingga satu kali vaksin bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus. Berbeda dengan vaksin campak yang sebelumnya.

BACA JUGA : Dinkes Kota Tangerang Targetkan 474 Ribu Anak Imunisasi MR

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Tangsel Dr.Suhara Manullang dalam keterangannya kepada media saat kegiatan Edukasi Imunisasi Vaksin  Measles Rubella bagi wartawan Kota Tangerang Selatan, Sabtu (7/10/2017) mengatakan, kegiatan pemberian Imunisasi Vaksin Measles Rubella diperpanjang hingga tanggal 14 Oktober mendatang.

Dirinya pun menghimbau bagi para orang tua agar segera membawa anaknya ke Puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya untuk memperoleh pemberian vaksin tersebut.

"Imunisasi adalah hak anak. Untuk itu kami perpanjang masa pemberian Imunisasi Vaksin Rubella sampai 14 Oktober, yang belum mendapatkan segera datangi Puskesmas terdekat," ungkapnya.

Dikatakannya, Kota Tangerang Selatan sendiri hingga per tanggal 6 Oktober kemarin, angka capaian target pemberian Vaksin Rubella tergolong tinggi dibandingkan wilayah lainnya. Tercatat dari data Pusdatin, di Tangsel sendiri terdapat 386.790 sasaran, data dari pendataan puskesmas 303.404 

yang telah divaksin, sedangkan dari disdukcapil sebanyak 300.853 orang, sehingga perbedaan dengan data pusdatin sebanyak 83.386 anak.

"Jumlah anak yang telah divaksin  mencapai angka 89,86% anak yang divaksin, tapi kalau data puskesmas sudah 100% atau 114,56%. Menuju ke 95%, yakni  19.867 anak lagi," ungkapnya.
 
BACA JUGA : Pemkot Tangerang Canangkan Imunisasi Campak dan Rubella

Suhara pun menambahkan, guna mencapai target capaian pemberian Vaksin bagi anak-anak di Kota Tangerang Selatan pihaknya akan menggencarkan strategi.

"Kami akan house to house sweeping dibantu dengan kader kesehatan dan kesiapan 29 Puskesmas yang ada di Tangsel," ujar Suhara.

Sementara itu, dr. Prima Yosephine, Kepala Subdit Imunisasi Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes RI menjelaskan, Penyakit Rubella adalah suatu penyakit yang mirip dengan campak yang juga ditularkan melalui saluran pernafasan saat batuk atau bersin. Rubella disebabkan oleh virus, dan bisa menyebabkan cacat fisik kematian.

" Satu vaksin Rubella ini seharga  Rp1.250.000 jika dibeli dari pihak  swasta. Tapi ini digratiskan oleh pemerintah , jangan kita sia-siakan " ungkap dr. Prima Yosephine.

Selain itu, dirinya sebagai perwakilan dari Kementrian Kesehatan membantah segala rumor yang berkembang di masyarakat seputar efek samping dan keraguan akan status halal/haram pemberian Vaksin tersebut bagi anak-anak.

"Tidak benar, kami bersama-sama dengan Komnas PP dan KIPI sudah melakukan kajian secara seksama terhadap informasi yang beredar di media massa dan medsos bahwa kejadian-kejadian tersebut tidak ada kaitannya dengan pemberian Vaksin Rubella," tegasnya.

Oleh sebab itu, dikatakannya Vaksin Measles Rubella yang digunakan Kementrian Kesehatan RI aman digunakan untuk imunisasi dan telah memperoleh pengakuan Sertifikasi Halal dari MUI.

"Vaksin kita aman, dan juga telah memperoleh sertifikat Halal MUI sehingga tidak ada keraguan lagi terhadapnya," kata Yosephine.(RAZ/HRU)
TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

KOTA TANGERANG
Simak Daftar 25 Cabang Olahraga dalam POPDA XI Banten di Kota Tangerang 

Simak Daftar 25 Cabang Olahraga dalam POPDA XI Banten di Kota Tangerang 

Jumat, 26 April 2024 | 14:27

Sebanyak 25 cabang olahraga (cabor) akan dipertandingkan dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI Banten, yang berlangsung di Kota Tangerang pada8 Juni 2024 mendatang.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill