Connect With Us

Olah Tong Bekas Jadi Bangku, Pemuda Tangsel Siap Ekspor "TongKu"

Yudi Adiyatna | Rabu, 18 Oktober 2017 | 15:00

Para Anak Muda Setu Sedang Mengerjakan Pembuatan TongKu, Rabu (18/10/2017). (@TangerangNews.com / Yudi Adiyatna)

TANGERANGNEWS.com-Banyak cara mengembangkan kreatifitas dan kemampuan bagi generasi muda. Seperti yang dilakukan Syahrul, 34 , pemuda asal Gang Guan, kampung Setu, Kelurahan Setu, Tangsel.

Pria jebolan STM Sasmita Pamulang ini mulanya mengeluhkan wilayah Kampungnya yang berbatasan langsung dengan Kawasan Pergudangan Taman Tekno, BSD, dimana banyak terdapat kawasan-kawasan kumuh tempat pengumpulan limbah barang-barang bekas dari pergudangan tersebut.

Bahkan menurutnya, karena kumuh dan semrawut, tak ayal menjadi sarang nyamuk penyebab penyakit DBD di wilayahnya. Namun dari kondisi tersebut, dirinya berfikir untuk mengolah limbah-limbah bekas yang ada di sekitarnya untuk menjadi barang yang memiliki nilai kegunaan lagi. Tercetus lah ide membuat "TongKu".

"Awalnya terpikir karena kita dekat dari kawasan Pergudangan Taman Tekno dan banyaknya limbah terus muncul ide membuat TongKu ini" ucap Sahrul.

Dengan memberdayakan anak muda sekitar, Sahrul membuat usaha pengolahan tong bekas menjadi satu set bangku dan meja cantik yang biasa digunakan di cafe atau di ruang-ruang tunggu sebuah kantor.

"Kita awalnya ngolah dari tong bekas , kemudian kita pola pakai mesin, dihaluskan dan kita cat sampai 3 lapis sesuai pesanan konsumen " ungkap Syahrul.

Dikatakannya, untuk membuat satu set Tongku tersebut  memakan waktu sekitar dua Minggu pengerjaan hingga siap untuk digunakan.  "Sekarang Alhamdulillah pesanan ada aja. Udah banyak di pakai di Kantor-kantor, Cafe. Ini aja sekarang kita lagi mengerjakan pesanan dari Kecamatan Setu," ungkapnya.

tongku

Produk UMKM TongKu dari hasil pengolahan Tong Bekas Menjadi Satu Set Bangku.

Satu set Tongku sendiri ia hargai mulai dari harga Rp2 Juta sampai Rp2,7 Juta. Tergantung dengan spesifikasi dan tingkat kesulitan pengerjaan pesanannya tersebut.

Syahrul berharap , usaha UMKM yang dirintisnya bersama anak muda ini bisa semakin berkembang seiring semakin meningkatnya kompetensi, ketersediaan alat-alat  dan bahan baku yang tersedia.

"Kalau alat-alatnya lengkap, bahan bakunya gampang terus juga skill kita untuk untuk mengkonsep meningkat, kita siap dah untuk ekspor ke daerah lain," harapnya.(RAZ/HRU)

BANTEN
Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Jumat, 26 April 2024 | 18:55

Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak pada tahun ini melakukan pekerjaan proyek konstruksi penambahan lajur ketiga, pada segmen Serang Barat (KM 77+375) sampai dengan Cilegon Timur (KM 87+150).

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill