Connect With Us

Gelar Sosialisasi KAT, Kemensos Gandeng Kampus UIN Jakarta

Yudi Adiyatna | Rabu, 18 Oktober 2017 | 15:00

Kegiatan sosialisasi dan pengenalan Program Komunitas Adat Terpencil (KAT) dari Kemensos di Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Selasa (17/10/2017). (@TangerangNews.com / Yudi Adiyatna)

TANGERANGNEWS.com-Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) menggelar kegiatan sosialisasi dan pengenalan Program Komunitas Adat Terpencil (KAT) kepada mahasiswa yang diadakan di Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Selasa (17/10/2017).

Dalam keterangannya, Direktur Komunitas Adat Terpencil (KAT) Kementerian Sosial (Kemensos) Hasbullah mengatakan, saat ini masih ada sebanyak 123.977 Kepala Keluarga (KK) adat terpencil di Indonesia hidup terbelakang dan saat ini sudah diberdayakan oleh Kemensos.

Dilanjutkan dia, berdasarkan data tahun 2017, dari total 231.268 KK adat terpencil, 123.977 KK sudah diberdayakan Kemensos. “Sedangkan sebanyak 3.955 KK saat ini sedang diberdayakan oleh pihaknya dan sisanya yang belum diberdayakan ada 123.336 KK,” kata Hasbullah.

Selain itu, diungkapkannya  fokus yang dilakukannya dalam pemberdayaan Kelompok Adat Terpencil adalah berupa meminimalisir keterbatasan akses pelayanan dasar, seperti Pendidikan, Kesehatan, dan Pencatatan Penduduk di lokasi-lokasi terpencil.

Dalam melakukan pemberdayaan KAT, pihaknya berpegang pada empat pilar, yaitu peningkatan jangkauan dan kualitas pemberdayaan sosial KAT, peningkatan dan penguatan SDM, sosial, dan budaya.

"Ekonomi dan lingkungan, peningkatan peran pemerintah daerah, kelembagaan masyarakat dan perangkat pelayanan sosial tingkat lokal, serta peningkatan peran aktif masyarakat," terangnya.

Selain program pemberdayaan yang dilakukan pemerintah, pemerintah pun terus berusaha untuk membuka peluang  pendampingan di bidang kemitraan dunia usaha, agar keluarga adat terpencil mendapat layanan kesejahteraan sosial yang sama dengan yang lainnya.(RAZ/HRU)

WISATA
 Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Sabtu, 16 Maret 2024 | 12:33

Ada yang unik pada menu buka puasa bersama (bukber) Ramadan, di Hotel Sahid Serpong. Sekitar 40 varian makanan bertema "Kampung Cilenggang" tersedia di sini.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

TANGSEL
Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:36

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten 2026 mendatang akan diselenggarakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill