Connect With Us

Pemkot Tangsel Tingkatkan Pejabat Pengelola Informasi & Dokumentasi

Advertorial | Senin, 23 Oktober 2017 | 10:00

| Dibaca : 454

Pemkot Tangsel Tingkatkan Pejabat Pengelola Informasi & Dokumentasi (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Pemberlakuan Undang-undang No 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik pada 30 April 2010 menjadi momentum penting bagi Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) untuk mendorong keterbukaan informasi.

Undang-undang tersebut telah memberikan landasan hukum terhadap hak setiap orang untuk memperoleh Informasi Publik. Dimana setiap Badan Publik mempunyai kewajiban dalam menyediakan dan melayani permohonan Informasi Publik secara cepat, tepat waktu, biaya ringan, dan cara sederhana.

Salah satu tugas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi yang selanjutnya disingkat PPID, yaitu menyimpan, mendokumentasikan, menyediakan dan memberi pelayanan informasi dan dokumentasi kepada publik.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota (Diskominfo) Tangsel, Drs. H Ismunandar, MM saat ini sedang melakukan beberapa perbaikan dalam rangka peningkatan pelayanan informasi publik pada Sekretariat PPID Utama, seperti:

Pelayanan Informasi Publik pada Sekretariat PPID Kota Tangerang Selatan, Rakor PPID dan PPID Pembantu, Pendampingan Sidang Sengketa Informasi Publik, Penyusunan Daftar Informasi Publik (DIP), Pembuatan website PPID berupa konten informasi Publik pada portal  tangerangselatankota.go.id, Sosialisasi UU KIP tingkat Kecamatan, Workshop terhadap PPID dan PPID Pembantu Pada OPD dilingkup Kota Tangerang Selatan.

Pihaknya menyampaikan, selain perbaikan peningkatan pelayanan informasi perlu adanya peningkatan koordinasi yang baik antara PPID Kota Tangsel, dengan PPID Pembantu Pada Organisasi Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kota Tangsel.

"Kami tengah melakukan koordinasi berupa rapat pembahasan permohonan informasi publik, peningkatan kapasitas PPID Utama dan PPID Pembantu berupa workshop, rapat koordinasi, sosialisasi, pengisian DIP pada konten website PPID. Sampai dengan pendampingan sidang sengketa informasi publik bersama Bagian Hukum Sekretariat Daerah," ujarnya.

Dia menyampaikan, pada 2018 nanti akan dilaksanakan penyediaan fasilitas ruang pelayanan Informasi pada Sekretariat PPID Utama disamping program dan kegiatan lain yang dapat mempercepat pemenuhan kebutuhan informasi publik pada masyarakat.(ADV/DBI)

TagsTangsel
BANDARA
Sabu 2,5 Kg Gagal Diselundupkan di Bandara Soekarno-Hatta

Sabu 2,5 Kg Gagal Diselundupkan di Bandara Soekarno-Hatta

Kamis, 18 Januari 2018 | 17:00

TANGERANGNEWS.com-Empat tersangka penyelundupan narkoba jenis sabu seberat 2,5 Kg berhasil digagalkan Tim Gabungan Bea Cukai Soekarno-Hatta.

BISNIS
Strategi Marketing ala Lazada Tingkatkan Penjualan Brand Partner

Strategi Marketing ala Lazada Tingkatkan Penjualan Brand Partner

Rabu, 17 Januari 2018 | 10:00

TANGERANGNEWS.com-Platformdigital kini menjadi salah satu kanal retail pilihan untuk meningkatkan hasil penjualan. Karena dapat menawarkan

KOTA TANGERANG
Sopir Angkot Maut di RSUD Tangerang Ditetapkan Tersangka

Sopir Angkot Maut di RSUD Tangerang Ditetapkan Tersangka

Kamis, 18 Januari 2018 | 19:00

TANGERANGNEWS.com - Kepala Unit Satlantas Polres Metro Tangerang Kota AKP Isa Ansori menyebut bahwa sopir angkutan umum (angkot) trayek Teluknaga-Tangerang telah ditetapkan sebagai tersangka atas kelalaiannya berkendara.

"Dalam hidup, tidak ada seorang pun yang mendapatkan tempat seperti apa yang mereka sangka akan dapatkan. Tapi ketika Anda bekerja dengan keras dan bersikap baik, berbagai hal yang mengagumkan akan terjadi."

Conan O'Brein