Connect With Us

Implementasi Smart City Airin MoU dengan Ridwan Kamil

Yudi Adiyatna | Jumat, 3 November 2017 | 10:00

| Dibaca : 1284

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menandatangani Nota Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerjasama Implementasi Aplikasi Smart City dan E-Government. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Wali kota Tangerang Selatan Airin Rahmy Diany menandatangani Nota Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerjasama Implementasi Aplikasi Smart City dan E-Government dengan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.
 
Penandatanganan tersebut turut dihadiri Wakil Ketua KPK Laode M Syarif, dan Gubernur Banten Wahidin Halim dalam acara yang berlangsung di Pendopo Kota Bandung pada Rabu (01/11/2017) dengan melibatkan 29 daerah yang ada di Jawa Barat, Banten, dan Nusa Tenggara Barat.
 
KPK merekomendasikan agar inovasi smart city Kota Bandung untuk pencegahan korupsi bisa direplikasi oleh kota/kabupaten lain di Indonesia. Aplikasi yang akan direplikasi antara lain Aplikasi hibah bansos, Perijinan online dan elektronik remunerasi dan kinerja (ERK).
 
Laode mencontohkan, aplikasi e-planning dan e-budgeting yang dibuat Pemkot Bandung bisa menghemat anggaran hingga Rp1 triliun.
 
"Itu bisa buat upaya pencegahan, kalau misalnya nanti ditangkap, tidak ada gunanya. Lebih bagus dari awal (dicegah) sehingga SKPD kalau sudah tidak membutuhkan atau overlapping pengadaannya bisa dicegah sejak awal," ungkap Laode.

KPK berharap, setelah diterapkan di beberapa kota, aplikasi ini bisa diterapkan di daerah lainnya di Indonesia.
 
Wali kota Bandung Ridwan Kamil  sendiri mengatakan, tiga aplikasi tersebut akan diberikan secara cuma-cuma kepada 29 kota/kabupaten se-Jawa Barat, Banten dan Nusa Tenggara Barat.
 
Sementara itu, Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany dalam keterangannya mengatakan penandatangan nota kesepahaman ini dapat meningkatkan kualitas layanan ke masyarakat, reformasi birokrasi dan penghematan anggaran.
 
"Kita harus melihat kearah dan dalam kerangka yang lebih besar. Salah satu sasaran kita dalam membangun smart city, seharusnya adalah dalam rangka membangun smart nation. Jika smart city di daerah terintegrasi maka akan terbangun smart nation," ujar Airin.(RAZ/HRU)
HIBURAN
Sule dan Nathalie Holscher Resmi Bercerai

Sule dan Nathalie Holscher Resmi Bercerai

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:39

TANGERANGNEWS.com-Komedian Sule resmi bercerai dengan Nathalie Holscher berdasarkan putusan Pengadilan Agama (PA) Cikarang, Bekasi, Jawa Barat pada Rabu, 10 Agustus 2022.

KOTA TANGERANG
Masih Banjir, DPRD Desak Pemkot Tangerang Segera Normalisasi Kali Songsit

Masih Banjir, DPRD Desak Pemkot Tangerang Segera Normalisasi Kali Songsit

Senin, 15 Agustus 2022 | 14:50

TANGERANGNEWS.com-Anggota DPRD Kota Tangerang Santa mendesak Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang untuk segera menormalisasikan Kali Songsit di Kelurahan Jurumudi Baru, Kecamatan Benda.

BANDARA
Hadirkan 3.800 Produk UMKM di Bandara Soetta, Angkasa Pura II Diganjar Rekor Muri

Hadirkan 3.800 Produk UMKM di Bandara Soetta, Angkasa Pura II Diganjar Rekor Muri

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 21:46

TANGERANGNEWS.com-PT Angkasa Pura II (AP II) memperoleh penghargaan 'Local Creative Festival sebanyak 3800 produk UMKM di Bandar Udara' oleh Rekor Muri tepat bersamaan dengan perayaan hari jadi AP II yang ke-38.

KAB. TANGERANG
25 Tahun Irigasi Terbengkalai, Kades Tangerang: Pemerintah Pusat Lalai

25 Tahun Irigasi Terbengkalai, Kades Tangerang: Pemerintah Pusat Lalai

Selasa, 16 Agustus 2022 | 16:08

TANGERANGNEWS.com-Saluran irigasi di Desa Kemuning, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, tidak berfungsi hingga akhirnya terbengkalai selama 25 tahun. Pihak desa pun mendorong pemerintah pusat untuk memperbaiki saluran irigasi ini

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill