Connect With Us

Batan Susun Design Reaktor Daya Eksperimental

Yudi Adiyatna | Kamis, 8 Maret 2018 | 11:00

| Dibaca : 649

Kegiatan Forum Grup Discussion (FGD) RDE yang digelar di salah satu hotel di Serpong Utara, Kota Tangsel, Kamis, (8/3/2018). (@TangerangNews / Yudi Adiyatna)

TANGERANGNEWS.com-Rencana pembangunan Reaktor Daya Eksperimental (RDE) yang digagas sejak 2014 kini mulai disusun Detail Engineering Design (DED-nya) oleh Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan). 

Hal itu diungkapkan Kepala Pusat Teknologi dan Keselamatan Reaktor Nuklir (PT KRN) Batan Gebi Rina Sunaryo saat kegiatan Forum Grup Discussion (FGD) RDE di salah satu hotel di Serpong Utara, Kota Tangsel, Kamis, (8/3/2018).

Menurutnya, pada 2018 ini Batan mulai menyusun DED dengan melibatkan sebuah konsorsium yang terdiri dari beberapa institusi, perguruan tinggi dan pihak swasta. DED ini merupakan tahapan dalam mempertimbangkan aspek keselamatan untuk antisipasi terjadinya kecelakaan pada reaktor.

"DED akan diselesaikan secepatnya dan akan direview oleh Badan Atom Internasional/International Atomic Energi Agency (IAEA)," katanya.

Geni menjelaskan, selesai direview dan dilakukan perbaikan sesaji rekomendasi yang diberikan IAEA, ditargetkan DED diselesaikan pada September 2018 dan langsung dilaunching pada sidang umum IAEA di Wina, Austria. "DED ini merupakan karya anak bangsa dan akan dijadikan cikal bakal pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) jika Indonesia dinyatakan Go-Nuclear," ujarnya.

Diketahui, RDE merupakan program prioritas Batan yang bertujuan untuk menjadikan Indonesia sebagai penyedia teknologi, penyediaan energi listrik dan panas tinggi guna menopang kebutuhan industri nasional serta unggul ditingkat regional.(DBI/RGI)

BISNIS
Jadi Startup Cukur Rambut Online, DKapster Berpotensi Sukses

Jadi Startup Cukur Rambut Online, DKapster Berpotensi Sukses

Minggu, 18 Agustus 2019 | 10:00

TANGERANGNEWS.com—Industri berbasis digital terus tumbuh seiring laju industri 4.0. Beragam inovasi muncul untuk memudahkan konsumen mendapatkan layanan tertentu.

TANGSEL
Mahasiswa Papua mendesak Presiden Minta Maaf ke Warga Papua Secara Langsung

Mahasiswa Papua mendesak Presiden Minta Maaf ke Warga Papua Secara Langsung

Selasa, 20 Agustus 2019 | 19:06

TANGERANGNEWS.com-Mahasiswa Papua di Tangerang Selatan (Tangsel) mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta maaf secara langsung kepada warga Papua.

SPORT
Hore! Persikota Tangerang Juara Liga 3 Regional

Hore! Persikota Tangerang Juara Liga 3 Regional

Senin, 19 Agustus 2019 | 16:26

TANGERANGNEWS.com—Kabar gembira bagi warga Kota Tangerang. Klub sepakbola kebanggaannya, Persikota Tangerang meraih Juara Liga 3 regional Banten 2019. Atas perolehan ini, Persikota melanjutkan lawatannya ke Liga 3 Nasional mewakili Banten.

AYO! TANGERANG CERDAS
STMIK Raharja Tangerang Resmi Jadi Universitas

STMIK Raharja Tangerang Resmi Jadi Universitas

Sabtu, 29 Juni 2019 | 13:20

TANGERANGNEWS.com-Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Raharja resmi beralih status menjadi Universitas.

"Kita mungkin akan kecewa jika gagal, tapi kita telah gagal bila kita tidak mencoba."

Eleanor Roosevelt